Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan urine terhadap seluruh pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sidrap, Muhammad Arsul, memimpin upacara peringatan HANI 2024 kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan urine oleh petugas dinas kesehatan.

"Dalam rangka memperingati HANI 2024, selain upacara kita juga laksanakan pemeriksaan urine untuk memastikan tidak ada ASN yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya," ujarnya.

Adapun tes urine dilaksanakan di Kantor Badan Kesbangpol usai upacara. Para pejabat mulai dari Asisten, Kepala OPD, Sekretaris OPD, kepala bagian, dan camat secara bergiliran memeriksakan urinenya oleh petugas dinas kesehatan.

Muhammad Asrul mengatakan peringatan HANI 2024 ini mengangkat tema "Mengajak Masyarakat untuk Bergerak Bersama Mewujudkan Indonesia Bersinar".

Ia mengaku jika Pemkab Sidrap terus melakukan upaya-upaya untuk menekan penyalahgunaan narkotika yang dimulai dari kalangan pegawai ASN.

“Di antaranya melakukan sosialisasi dan tes urine kepada komunitas masyarakat dan ASN, termasuk para pejabat,” katanya.

Asrul mengaku pemeriksaan urine dan sosialisasi terhadap penyalahgunaan narkoba sebagai bentuk komitmen serta membangun kepercayaan masyarakat untuk bersama memerangi narkoba.

"Untuk hasil pemeriksaan, laporannya sudah masuk dan tidak ada satupun pegawai yang urinenya positif. Kita pastikan pelayanan juga akan berjalan maksimal," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024