Makassar (ANTARA) - Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) selaku lembaga akreditasi resmi memberikan akreditasi paripurna kepada Klinik DR Sahardjo Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar yang berlaku lima tahun usai dilaksanakan survei.  
 
"Alhamdulillah, kami sangat bangga dengan akreditasi paripurna yang diberikan oleh KAKP. Ini tidak lepas dari hasil kerja keras dan dedikasi dari seluruh petugas, khususnya tim klinik," ujar Kepala Rutan Makassar Jayadi Kusumah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Akreditasi tersebut merupakan pengakuan tertinggi yang menandakan bahwa klinik DR. Sahardjo telah memenuhi standar pelayanan kesehatan berdasarkan berbagai aspek, seperti fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang berkesinambungan.

"Tentunya, dengan pencapaian ini saya sangat berharap semuanya lebih semangat lagi, pelayanan kesehatan kepada warga binaan bisa lebih optimal dan terus ditingkatkan," ujarnya. 

Jayadi berharap tim Klinik DR Sahardjo dapat lebih aktif dan semakin profesional, akuntabel, sinergi, transparan, inovatif atau PASTI dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada warga binaan dan petugas.

Sementara itu, Penanggungjawab Klinik DR. Sahardjo Rutan Kelas I Makassar dr Vonny mengatakan keberhasilan memperoleh akreditasi paripurna itu merupakan tantangan sekaligus motivasi agar terus memberikan pelayanan Kesehatan lebih baik.  

Tim Klinik DR. Sahardjo juga berkomitmen untuk tidak hanya mempertahankan akreditasi paripurna tersebut, tetapi melakukan berbagai inovasi lain dalam bidang kesehatan.

"Kami akan terus berusaha untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan standar yang telah dicapai, melalui evaluasi berkala dan penyesuaian berkelanjutan terhadap perkembangan terbaru dalam dunia medis," paparnya. 

Pihaknya memberikan apresiasi dan terima kasih atas bimbingan, arahan dari Tim Surveyor KAKP dari Dinas Kesehatan Kota Makassar yakni dr. Hermiaty Nasruddin berserta Agung Hamang yang senantiasa aktif memberikan masukan dan perbaikan selama proses survei.  

Spesialis Kejiwaan pada Klinik DR. Sahardjo dr Sitti Wahida Jalil menambahkan, perjalanan menuju akreditasi paripurna ini dilakukan dengan berbagai upaya dalam hal peningkatan kualitas dan standar operasional.

Klinik DR. Sahardjo bahkan melakukan berbagai langkah penting, termasuk pelatihan intensif bagi seluruh tenaga medis, peningkatan fasilitas kesehatan, dan penerapan sistem manajemen mutu yang ketat.

"Tujuan utama memastikan setiap pasien mendapatkan pelayanan yang aman, efektif, dan manusiawi. Tidak ada usaha mengkhianati hasil. Kami tim medis bersyukur dan berkomitmen terus berinovasi, memastikan pelayanan diberikan melampaui harapan pasien," katanya menambahkan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024