Jakarta (ANTARA) - Gelandang Spanyol Rodri dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2024 setelah memimpin La Roja mengalahkan Inggris 2-1 untuk memenangkan turnamen untuk keempat kalinya di Berlin pada Senin pagi.

Rodri harus diganti pada babak kedua final setelah mengalami cedera lutut, namun ia mendapat ganjaran atas penampilan luar biasa yang membuat Spanyol mengalahkan tuan rumah Jerman dan Prancis untuk mencapai final.

Satu-satunya gol Manchester City di turnamen itu terjadi saat ia mencetak gol penyeimbang dalam kemenangan 4-1 La Roja atas Georgia di babak 16 besar.

Dia dipuji oleh pelatih Luis de la Fuente sebagai "komputer yang sempurna" atas passing dan kemampuannya yang luar biasa dalam membaca permainan yang terbukti penting dalam memimpin skuad muda menuju kesuksesan.

Rodri kini hanya menderita satu kekalahan dalam 80 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi baik bersama klub maupun negaranya.

Pemain berusia 28 tahun itu telah memenangkan dua gelar Liga Premier, Liga Champions, satu Piala FA, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub bersama City, serta Nations League bersama Spanyol, menurut AFP.

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024