Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 590 orang remaja di Makassar mengikuti seleksi Pertamina Soccer Starts (PSS) di Stadion Andi Mattalatta dimana mereka semua membawa antusiasme tinggi untuk bisa menimba ilmu dari camp AC Milan, Italia.

"Saya berharap lolos seleksi di Makassar hingga di Jakarta. Saya berharap bisa lolos disemua seleksi karena impian saya adalah mendapatkan ilmu dan bisa berlatih di markas AC Milan," ujar salah seorang siswa dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Bulurokeng, Muh Ashaq Qindy di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, seleksi yang diikutinya bersama ratusan remaja dari sekolah sepak bola berbeda membuatnya semakin bersemangat karena dirinya yakin akan mampu melewati semua tes yang dilakukan oleh tim seleksi.

"Saya tambah bersemangat karena seleksi ini bukan cuma di Makassar tetapi di beberapa provinsi lainnya juga ada seleksi seperti ini dan saya sudah bermimpi akan bertemu banyak teman-teman dari daerah lain," kata Ashaq yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) itu.

Sementara itu, Badan Pembinaan Olahraga (Bappor) Pertamina, Umar Khatib menyatakan, seleksi Pertamina Soccer Starts (PSS) yang digelar di Stadion Andi Mattalatta resmi dibuka dengan jumlah peserta yang mengikuti seleksi sekitar 590 orang.

Dari ajang penyeleksian bakat pesepak bola usia dini ini, panitia pelaksana mencatatkan peserta yang melebihi target. Dimana panpel menargetkan hanya 500 orang anak, namun hingga pelaksanaan panpel membukukan sebanyak 590 peserta.

"Antusiasme peserta di seleksi ini luar biasa. Kami dari pihak Pertamina berharap melalui ajang ini kembali melahirkan pesepak bola yang handal khusus di Kota Makassar, seperti tahun lalu," harapnya.

Pada pelaksanaan PSS 2013, Makassar berhasil memasukkan delapan anak ke Jakarta. Dan tercatat dua anak asal Makassar itu sudah masuk ke Camp AC Milan sebagai akademik dari PSS ini.

"Mudah-mudahan tahun 2014 ini kuota yang lolos di Makassar bisa bertambah. Intinya kami dari pihak Pertamina sangat kagum atas animo anak-anak di Makassar yang antusias mengikuti ajang seleksi ini. Kami optimistis Makassar akan kembali melahirkan regenerasi pesepak bola nasional," tuturnya.

Sebelumnya, Vice President Corparate Communication Pertamina, Ali Mundakir menjelaskan, jika total talenta muda yang ditargetkan mengikuti seleksi, kembali akan dikerucutkan hingga 24 pemain.

Dari 24 pemain yang lolos seleksi itu, kembali akan dipilih delapan talenta terbaik yang akan bergabung ke Jakarta bersama pemain-pemain lainnya yang lolos dari  enam kota lainnya.

"Dari akumulasi enam kota akan diambil empat pemain terbaik dan akan masuk dalam Camp AC Milan Academy," tambahnya.

Selain itu, para telenta muda ini yang diambil dari enam kota yakni Jakarta, Palembang, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Jayapura juga dipersiapkan untuk masuk seleksi tim nasional usia 16. F.C. Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024