Makassar (ANTARA Sulsel) - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Makassar masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru.

"Dari sebanyak 63 program studi yang ditawarkan di UNM pada , PGSD paling banyak peminatnya dengan jumlah 4.038 orang, sementara jumlah yang akan diterima hanya 40 orang," kata Rektor UNM Prof Dr H Arismunandar di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2014 animo pendaftar memilih PGSD masih tinggi. Hal itu disebabkan karena peluang untuk menjadi CPNS masih cukup besar per tahun.

Hal itu mencermati rata-rata kuota penerimaan CPNS baik di tingkat kabupaten/kota, maupun provinsi formasi untuk sarjana PGSD lebih besar di banding profesi lainnya.

"Untuk PGSD ini selain kampusnya di Makassar, juga ada di Kabupaten Bone dan Kota Parepare. Selain itu, juga ada PGSD bilingual yang kampusnya di Makassar," katanya.

Sementara itu, jumlah pendaftar SBMPTN 2014 khusus UNM mencapai 44.557 orang atau naik sekitar 20 persen dibanding periode 2013 yang hanya terdapat sekitar 37.000 pendaftar.

Mengenai pendaftar yang merupakan kalangan difabel (berkebutuhan khusus), Pembantu Rektor I UNM yang juga Ketua Panitia Lokasi (Panlok) 80 untuk UNM - Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar Prof Dr Sofyan Salam mengatakan, diberikan perlakuan khusus.

"Dengan menyiapkan pendamping yang akan membantu membacakan soal ujian ataupun menjawab di lembar jawaban sesuai pilihan pendaftar difabel," katanya.

Untuk peserta difabel yang mendaftar melalui UNM, tercatat sedikitnya 10 orang dan lima orang diantaranya adalah penyandang tunanetra yang beberapa orang diantaranya mengikuti ujian SBMPTN di SMA Negeri 2, Makassar. Zita Meirina

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024