Mamuju (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin mengajak pegiat kelompok tani nelayan andalan (KTNA) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendukung program penanaman pohon produktif.

Ajakan tersebut mengemuka dalam pertemuan Bahtiar dengan pegiat KTNA dan Walhi Provinsi Sulbar di Mamuju, Kamis.

"Program penanaman pohon akan terus digalakkan Pemprov Sulbar sehingga perlu didukung, karena juga akan mencegah bencana banjir dan longsor, dan akan membuat lingkungan menjadi asri nyaman dan sehat," kata Bahtiar.

Ia mengatakan Pemprov Sulbar melaksanakan penanaman pohon produktif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat seperti pohon sukun, pisang, durian, mangga, aren dan nangka dan lainnya.

Menurut dia, program tersebut tidak hanya melestarikan lingkungan namun juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan pada akhirnya akan memacu peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Sulbar.

Bahtiar menyebut sekitar Rp9 miliar yang bersumber dari APBD Sulbar 2024 telah dialokasikan untuk pengadaan bibit pohon tanaman produktif tersebut.

Sementara itu, Ketua KTNA Sulbar Asnawi menyatakan mendukung langkah Penjabat Gubernur Sulbar untuk memajukan sektor pertanian.

"Program Gubernur akan berdampak bagi pendapatan masyarakat dan membuat lingkungan Sulbar tetap hijau dan lestari sehingga sangat didukung," katanya.

Ia berharap masyarakat tani nelayan di Sulbar dapat memanfaatkan program bantuan bibit tanaman produktif dari Penjabat Gubernur Sulbar untuk menekan kemiskinan dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan ekonomi daerah.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024