Makassar (ANTARA) - Verifikator Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar Sinaga menyampaikan kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Zudan Arif Fakrulloh secara mayoritas sangat baik dari berbagai sektor selama tiga bulan kepemimpinan.

Berbagai sektor dalam penilaian evaluasi mulai dari manajemen pemerintahan, tata kelola organisasi, maupun laporan kinerja sebagai kepala daerah.

"Kalau dari segi saya, indikator penyederhanaan struktur organisasi ada tiga tahap dilaksanakan, tinggal satu tahap lagi evaluasi kelembagaan supaya segera dilakukan penyempurnaan birokrasi yang kita buat. Ini sudah sangat baik," kata Bahtiar Sinaga dalam keterangannya di Makassar, Jumat.

Sementara untuk agenda persiapan Pilkada Serentak 2024, lanjutnya, juga sangat bagus, dengan sudah dialokasikan anggaran berkisar antara 67 persen. Meskipun seharusnya pada September ini sudah 100 persen.

"Namun harus ada permintaan dari lembaga mulai dari Bawaslu dan KPU, sisa koordinasi saja. Secara mayoritas sangat baik ya," tuturnya.

Ke depan kinerja gubernur dan pimpinan perangkat daerah sebagai pelayanan masyarakat di Provinsi Sulsel, diharapkan kehadirannya betul-betul bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

"Kami harapkan bukan hanya laporan kinerja, tapi implementasi sebagaimana diamanahkan oleh Bapak Presiden. Kerja kepada daerah itu harus bisa berkinerja tinggi dan memperbaiki birokrasi yang selama ini masih kurang tepat," harapnya.

Sementara itu Sekretaris Itjen Inspektorat Kemendagri Ahmad Hasin Tambunan mengaku sudah melihat dan membaca laporan evaluasi Pj Gubernur Sulsel yang sudah tersaji dengan sangat baik.

"Kami sebagai evaluator sudah baca penyampaian Bapak Gubernur, tadi sudah tersaji dengan baik berikut dengan capaian-capaiannya sudah sesuai dengan target nasional," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024