Makassar (ANTARA) - Bunda PAUD Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail mengajak anak-anak untuk selalu menerapkan kebiasaan mencuci tangan untuk hidup bersih dan sehat sejak dini, terlebih sebagai bagian dari upaya mencegah terjadinya stunting.

"Mari membiasakan untuk selalu mencuci tangan karena pola hidup bersih dan sehat akan menghindarkan kita dari penyebaran dan penularan penyakit karena bakteri," ujarnya di SD Unggulan BTN Pemda, Kamis.

Indira Yusuf Ismail mengatakan kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bertujuan untuk menanamkan kebiasaan mencuci tangan sebagai bagian dari upaya pencegahan stunting pada anak-anak.

Ia menekankan bahwa PHBS harus diajarkan sejak dini. Menurut dia, PHBS perlu menjadi kebiasaan yang diterapkan secara disiplin, dimulai dari lingkungan sekolah.

"Kalau sekarang cuci tangan cegah stunting, itu hubungannya belajar hidup bersih PHBS, dan itu memang harus diajarkan di usia dini. Kita bisa mulai dari TK, SD, dan seterusnya," kata Indira.

Dalam kesempatan itu Indira juga menyinggung pentingnya menjaga konsistensi dalam mengajarkan perilaku mencuci tangan.

Dia mencontohkan situasi saat pandemi di mana tempat cuci tangan tersedia, namun kesadaran untuk menggunakannya masih belum maksimal.

"Kebiasaan ini mestinya kita terapkan, harus istiqamah. Kita pernah melewati pandemi dua tahun. Waktu pandemi kita sediakan tempat cuci tangan, tapi masih ada yang terlihat tidak disiplin," tambahnya.

Indira menegaskan bahwa PHBS harus terus diajarkan di sekolah, bukan hanya sebagai rutinitas seremonial belaka.

Melatih disiplin anak sejak dini untuk mencuci tangan sebelum masuk kelas akan membawa dampak positif dalam jangka panjang.

"Di sekolah harus terus diajarkan PHBS. Misal ketika anak-anak masuk halaman sekolah atau sebelum masuk kelas, langsung cuci tangan. Harusnya begitu karena kita pernah lewati masa pandemi. Harus dilatih dan disiplin," ucap Indira.

Lebih lanjut, Indira menekankan bahwa kebiasaan hidup bersih harus menjadi bagian dari keseharian anak-anak. Jika anak-anak terlatih untuk hidup bersih dan sehat, hal ini akan terbawa hingga mereka tumbuh dewasa, menjadikannya suatu kebiasaan alami yang mencegah stunting.

"Insyallah dia akan tumbuh jadi anak sehat yang bebas stunting," ucap Indira.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024