Makassar (ANTARA) - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Makassar, Sulawesi Selatan meraih penghargaan kategori Fasilitasi Terbaik Pertama pada Gakkumdu Award 2024 yang dilaksanakan Bawaslu RI di Ancol Beach City International Stadium, Jakarta. 

"Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dan sinergi antara Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan. Kami berkomitmen untuk terus menjaga demokrasi dan menegakkan hukum pemilu," kata Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsyah saat dikonfirmasi dari Makassar, Jumat. 

Ia mengatakan penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi dan kerja keras dalam penegakan hukum pemilu serta komitmen Gakkumdu dalam menjaga integritas Pemilu 2024. 

"Pengakuan ini diberikan atas keberhasilan Gakkumdu Kota Makassar dalam menangani pelanggaran Pemilu serta memastikan integritas proses demokrasi di wilayah Makassar," ujar Dede menekankan.

Pihaknya mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Ia berharap, penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus berkontribusi dalam menciptakan pemilu yang bersih dan berkualitas.

Oleh karena itu, Gakkumdu Makassar bertekad untuk terus meningkatkan kinerja dan transparansi dalam setiap langkah, guna menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses Pilkada serentak.  

Melalui penghargaan ini, kata Dede, Bawaslu Makassar menyatakan komitmennya untuk terus berupaya meminimalisir pelanggaran dan memastikan setiap suara masyarakat dihargai dan dilindungi.

Sementara itu, Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Makassar Rachmat Sukarno mengemukakan, pencapaian tersebut tidak lepas dari berbagai inisiatif yang diambil Gakkumdu termasuk peningkatan koordinasi antara pihak Kepolisian, Bawaslu, dan Kejaksaan. 

Melalui upaya preventif dan responsif terhadap pelanggaran pemilu, kata Rachmat, Gakkumdu Makassar menunjukkan efektivitas dalam menindaklanjuti laporan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilu yang bersih.

"Kami berterima kasih atas penghargaan ini, yang merupakan hasil kerja keras seluruh tim. Kami akan terus berkomitmen untuk menjaga keadilan dan integritas pemilu dan pemilihan di wilayah kami," kata Kanit Idik Polrestabes Makassar Jafar Achmad menambahkan. 

Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Makassar As’rini As’ad juga bersyukur atas penghargaan tersebut, sebab itu adalah hasil kerja keras seluruh tim dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, menghadapi Pilkada wali kota pihaknya berupaya meningkatkan kualitas penegakan hukum.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024