Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Muh Ansar meninjau lapangan Bisbol dan Sofbol yang akan dijadikan sebagai tempat pagelaran kejuaraan internasional tingkat ASEAN.

"Waktunya sudah semakin dekat dan lapangan ini masih dalam tahap pembangunan. Kita mau ini selesai sebelum kejuaraan dilaksanakan pada tanggal 4-6 September 2014," ujarnya di Makassar, Rabu.

Kejuaraan sofbol dan bisbol bertaraf internasional itu merupakan olahraga pertama yang diselenggarakan oleh Pemerinrtah Kota Makassar dalam satu dekade terakhir ini.

Apalagi, Danny, sapaan akrab wali kota menyebutkan jika lapangan yang akan digunakan dan berlokasi di atas lahan tanah tumbuh atau Center Point of Indonesia (CPI) Losari itu merupakan yang terbaik di dunia.

"Kami sudah meninjau persiapan lapangan di CPI dan semuanya berjalan lancar. Pekerja juga sementara meratakan tanahnya sebelum digunakan nanti," katanya.

Danny menargetkan proses pemasangan rumputnya akan mulai dilakukan bulan Agustus yang merupakan proses akhir dari pembuatan lapangan itu yang kini sudah diratakan oleh para pekerja.

Ia mengatakan, kejuaraan baseball dan softball tingkat internasional itu akan mengambil tempat di kawasan tanah tumbuh atau tepatnya di Center Point of Indonesia (CPI).

Penetapan waktu penyelenggaraan itu diketahui usai President Of Softball Confederation Asia bertandang ke kediaman pribadi Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah.

"Ada dua titik penyelenggaraan yakni di Pantai Losari (CPI) dan di Lapangan Karebosi. Sekarang kita akan lakukan promosi di seluruh wilayah atau se-Sulawesi supaya minat-minat atlet Baseball dan Softball bisa tumbuh," katanya.

Diambilnya kota Makassar sebagai tuan rumah pada event bertajuk "ASEAN Softball and Confederation" itu disebutnya tidak lain hanya semata-mata ingin menumbuhkan olahraga yang kurang diganrungi ini oleh masyarakat.

Peluang lainnya yang didapatkan dari penyelenggaraan kejuaran tingkat internasional itu, kata Danny, adalah dengan mempromosikan Kota Makassar ini ke negara-negara mancanegara.

"Jika dibandingkan dengan prestasi Sepakbola, Softball Indonesia sudah empat kali juara Asia, dan inilah yang patut didukung karena potensi akan olahraga ini cukup besar," jelasnya.

Ketua Umum Persatuan Olahraga Softball (Perbasasi) Sulsel ini mengungkapkan kesiapan Makassar sebagai tuan rumah untuk kegiatan ini sudah sangat matang.

Matangnya persiapan itu setelah tim penyelenggara Konfederasi Asia telah melakukan pengecekan lapangan dan lapangan yang ditunjukkan itu dinyatakan sudah cukup siap.

"Kesiapan lampu, lapangan dan lain-lainnya itu semua sudah kita kerja dan persiapkan. Beberapa alternatif lokasi kita juga sudah siapkan," ujarnya.

Selain itu, Danny Pomanto yang pernah menjadi atlet softball itu dan telah berkeliling ke beberapa negara menyatakan jika lapangan di atas tanah tumbuh CPI diyakininya menjadi lapangan terbaik di dunia.

Alasannya, karena lapangan itu terletak di sekitar anjungan Pantai Losari yang menjadi ikon kota dijuluki sebagai "Anging Mammiri" tersebut. Bukan cuma itu, lapangan itu juga dikelilingi oleh lautan sehingga dia menyebutnya lapangan terbaik dan terindah. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024