Mamuju (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Barat Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar mengajak seluruh personel Polri di daerah itu untuk ikut mengambil peran dalam memajukan Indonesia.

"Dengan semangat Bhayangkara, bersama kita bersatu, berkolaborasi dan bahu-membahu mewujudkan Indonesia Raya yang maju dan sejahtera," kata Adang Ginanjar pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Tribrata, Mapolda Sulbar, Mamuju, Senin.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda itu, Kapolda, menjadi momentum penting bagi Polda Sulbar untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik.

"Dengan semangat persatuan dan gotong royong, diharapkan Indonesia dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyatnya," ujar Adang Ginanjar.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang mengusung tema "Maju Bersama untuk Indonesia Raya" menjadi sebuah seruan untuk bergerak bersama dalam memajukan bangsa.

"Di tengah semangat menggelora Hari Sumpah Pemuda ini, saya mengajak seluruh generasi muda untuk mewarisi semangat para pemuda 1928 dalam membangun Indonesia Raya," kata Adang.

Kapolda menekankan pentingnya peran generasi muda dalam memajukan Indonesia.

"Semangat Sumpah Pemuda harus terus kita kobarkan, semangat persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong dan semangat untuk terus maju membangun bangsa," tambahnya.

Peringatan Sumpah Pemuda juga dilaksanakan jajaran Pemprov Sulbar di kawasan Kantor Gubernur setempat.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Provinsi Sulbar Muhammad Jaun yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda itu sebagai momentum untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia,

"Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan, sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek pembangunan maupun sebagai objek pembangunan," jelasnya.

Sementara Augre Alesia, salah seorang pemuda Mamuju, mengungkapkan makna Sumpah Pemuda baginya adalah bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme dan persatuan untuk membangun Indonesia.

"Ini menjadi momentum kita para pemuda di Indonesia, khususnya di Sulbar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan berbuat untuk bangsa dan negara," ujar Augre.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024