Kendari (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam menghadiri deklarasi pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Muna Timur, sebagai Kabupaten baru di provinsi tersebut.

Ketua tim panitia pemekaran Kabupaten Muna Timur, Nurdin Pamone, yang dikonfirmasi via telepon, mengatakan Gubernur hadir dalam acara tersebut karena merupakan satu rangkaian dengan agenda halal bihal dan silaturahmi bersama tokoh masyarakat dan warga muna timur.

"Dalam Sambutannya Gubernur mengapresiasi kehendak masyarakyat yang menginginkan Muna Timur sebagai DOB, karena tujuan dari pemekaran ini, bukan demi kekuasaan tetapi untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Ia menambahkan masyarakat harus bersatu dalam kebersamaan sehingga dalam persaudaraan semakin menguatkan komitmen, untuk mendukung agar Muna Timur menjadi DOB sebagai hasil pemekaran dari kabupaten Muna.

Maka dari itu Kata Nurdin Pamone yang juga merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna, marih kita bangun semangat kebersamaan dan gotong royong untuk mewujudkan perjuangan dari masyarakat Muna Timur.

"Dalam menjalani proses pembentukan Kabupaten Muna Timur, kita pasti akan menghadapi berbagai tantangan, namun tantangan itu tidak menjadi suatu penghalang demi terwujudnya tujuan mulia kita bersama," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini pihaknya tengah merampungkan berkas sebagai salah satu syarat administrasi yang wajib dipenuhi agar pemekaran Kabupaten Muna Timur dapat segera terwujud.

"Pemekaran ini lahir dari masyarakat, jadi kami sebagai panitia yang diberikan amanah memiliki tanggung jawab untuk segera merealisasikan anah itu," ujarnya.

Deklarasi tersebut selain dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, juga dihadiri oleh Bupati Muna, LM Baharudin, Unsur Muspida Kabupaten Muna, Tokoh masyarakat dan warga Muna Timur.

Dalam rancangan calon DOB muna timur terdiri dari lima kecamatan yakni, Kecamatan Maligano, Kecamatan Batukara, Kecamatan Wakorumba Selatan, Kecamatan Pasir Putih dan Kecamatan Pasi Kolaga. B. Situmorang

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024