Kupang (ANTARA Sulsel) - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil di Nusa Tenggara Timur belum bisa dilakukan karena masih menunggu penetapan formasi untuk daerah itu secara resmi, kata Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah NTT Yos Rasi.

"Pembukaan pendaftaran CPNS belum dilakukan. Masih menunggu penetapan formasi resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB), terutama yang berkaitan dengan jumlah orang per jurusan," kata Yos Rasi di Kupang, Rabu.

Selain itu, provinsi juga masih menunggu laporan resmi jumlah formasi untuk tiap kabupaten/kota di NTT agar pembukaan pendaftaran untuk seluruh NTT dilakukan secara serentak.

Dia menjelaskan, pendaftaran CPNS dilakukan secara online, sehingga setelah penetapan resmi formasi oleh KemenPAN RB, akan segera diumumkan pendaftarannya.

Artinya, masyarakat bisa selalu mengecek. Kalau memang sudah ada pengumuman pembukaan pendaftaran berarti di pusat sudah tetapkan formasinya, katanya.

Terkait formasi untuk kabupaten/kota, menurutnya, penetapan juga dilakukan oleh pusat dan langsung disampaikan ke daerah, sehingga pemprov tidak mengetahui secara pasti.

Pemprov hanya mendapat laporan dari kabupaten/kota, tetapi hingga saat ini masih dalam proses penetapan formasi.

Namun, formasi untuk tiap kabupaten/kota berkisar 30 sampai 100 orang. Pendaftarannya juga dilakukan secara online.

"Pendaftaran CPNS akan dilaksanakan secara online dan pelaksanaan tes dengan sistem CAT," katanya.

Dalam pelaksanaan tes CPNS, katanya, para peserta harus mempersiapkan berkas pendaftaran CPNS seperti scan ijazah dan transkrip nilai, scan KTP, scan pas foto dan alamat e-mail.  N. Yuliastuti

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024