Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat, H Anwar Adnan Saleh menyatakan, perahu Sandeq merupakan warisan leluhur yang harus dijaga agar tetap lestari hingga di masa-masa yang akan datang.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh dalam acara penyambutan event Sandeq Race yang dilaksanakan di pantai Manakarra, Mamuju, Sabtu.

Menurut Anwar, kali ini para Passandeq (pengemudi sandeq) kembali mengukir sejarah yang telah berhasil menaklukkan perairan Selat Makassar selama 10 hari lamanya.

"Peserta lomba Sandeq Raceq tahun ini mengandung makna yang berbeda dari tahun sebelumnya karena tahun ini kita laksanakan bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Sulbar tahun 2014. Kegiatan Sandeq ini juga terjadi perubahan rute yang dimulai dari Makassar dan berakhir di Mamuju," ungkap Anwar.

Gubernur defenitif pertama Sulbar ini menyampaikan, perjalanan Provinsi Sulbar yang genap berusia satu dasawarsa ini patut disyukuri dengan cara memberikan kerjasama yang baik dalam melaksanakan pembangunan.

Yang jelas kata dia, pemerintah provinsi telah bercita-cita agar event Sandeq Race ini kelak menjadi kegiatan tahunan berskala nasional.

"Ini mimpi saya agar kegiatan Sandeq Race ini dikembangkan agar kelak Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif mengangkat menjadi ajang nasional," ujarnya.

Hal ini bisa terwujud apabila program provinsi bersinergi dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Dukungan pusat sangat kita harapkan agar event tahunan Sandeq Race ini ditingkatkan pelaksanaannya untuk mendorong majunya wisata kebaharian di provinsi Sulbar," harap Anwar.  FC Kuen

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024