Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 387 atlet, pelatih, manajer dan mekanik kontingen Kota Makassar memperoleh bonus dari pemerintah setempat berkaitan dengan prestasi dalam Pekan Olahraga Daerah XV dan Pekan Paralimpic III Provinsi Sulawesi Selatan.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di Makassar, Rabu, mengatakan total bonus Rp1,9 miliar, meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2010.

"Pemberikan bonus yang lebih besar ini juga sesuai program kami untuk menjadikan Kota Makassar dua kali lebih baik. Kami berharap dengan cairnya bonus ini semakin memotivasi atlet dalam meningkatkan kemampuannya," katanya.

Pemkot Kota Makassar secara keseluruhan memberikan bonus sebanyak Rp1.933.950.000. Bonus untuka atlet, pelatih, mekanik, dan manajer tim untuk Porda XV dan Pekan Paralimpic Provinsi (Peparprov) III.

"Saya puluhan tahun juga pernah menjadi atlet sehingga tahu kondisi yang dirasakan. Makanya kita berupaya mengapresiasi atas keberhasilan seluruh atlet yang telah berjuang dan membawa Makassar kembali tampil sebagai juara umum," jelas mantan atlet sofbol tersebut.

Ketua KONI Makassar Agar Jaya, menyatakan Kontingen Makassar pada Porda 2014 sukses menjadi juara umum dengan mengoleksi 57 emas, 47 perak dan 57 medali perunggu.

Sedangkan pada Pekan Paralimpic III Sulsel, Kota Makassar merebut 40 medali emas, 22 perak dan 19 medali perunggu.

Jumlah bonus pada Porda 2014 ini naik dua bahkan tiga kali lipat dibandingkan dengan 2010.

"Untuk atlet Porda mengalami peningkatan dua kali lipat dan atlet pepaprov sebanyak tiga kali lipat. Pada pelaksanaan Porda 2014 ini memang nilainya disamakan antara atet Porda dan Pepaprov atau yang sebelumnya masih Porcada," katanya.

Pada penyelenggaran Porda Pangkep 2010, Kota Makassar memberikan bonus sebesar Rp3 juta ke peraih medali emas. Sedangkan untuk pada pekan paralimpic yang digelar bersamaan diberikan bonus sebesar Rp2 juta bagi atlet paralimpik.

Menurut dia, bonus tersebut memang hanya untuk atlet peraih emas nomor perorangan. Adapun untuk kategori beregu, pihaknya akan memberikan sebesar Rp4 Juta. Peraih perak akan mendapatkan Rp3 juta (perorangan) dan Rp2 juta untuk beregu.

Begitupun dengan peroleh medali perunggu diberi bonus Rp2 Juta untuk perorangan dan Rp1,5 Juta untuk beregu.

Hal serupa juga berlaku bagi para pelatih dan mekanik dengann bonus yang lebih besar yakni sebanyak Rp1,5 juta (emas), Rp750 ribu (perak) serta Rp300 ribu untuk medali perunggu. AJS Bie

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024