Mamuju (ANTARA Sulbar) - Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Barat, akhirnya menerbitkan surat keputusan (SK) terkait penetapan tim seleksi calon panitia pengawas pemilihan umum kepala daerah tiga kabupaten yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

"Tiga kabupaten di Sulbar akan melaksanakan pilkada serentak yang dijadwalkan berlangsung pada November 2015. Tiga daerah itu diantaranya Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara," kata Ketua Bawaslu Sulbar, Busran Riandy di Mamuju, Kamis.

Melalui SK nomor 016-KEP tahun 2014 itu, sejumlah nama timsel yang di-SK-kan berasal dari berbagai latar belakang. Di antaranya dari kalangan tokoh masyarakat yaitu Mukmin A. Taufiq, kemudian dua orang dari kalangan akademisi yaitu, Rahmat Idrus yang merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Tomakaka dan Misbahuddin dari Dekan Fisipol pada kampus yang sama.

"Sementara dari kalangan profesional, kami percayakan dari teman-teman wartawan yaitu Nur Salim Ismail dan Sudirman Samual," kata Busrang Riandy.

Busrang berharap agar timsel dapat bekerja dengan penuh dedikasi serta memiliki integritas yang baik. Pasalnya, dengan limit waktu 2 bulan, pihaknya mengaku optimis untuk menghasilkan panwas pilkada yang berkualitas. "Olehnya itu, teman-teman di timsel kami harapkan untuk benar-benar cermat dalam menangani proses seleksi ini," tambah Busrang.

Di tempat yang sama, timsel Panwas untuk tiga Kabupaten ini langsung melakukan rapat. Dari hasil rapat tersebut, menghasilkan Ketua Timsel yakni Mukmin A. Taufiq dan Nur Salim Ismail ditunjuk sebagai sekretaris.

Menurut Mukmin, tugas dan kewenangan timsel seleksi panwas di antaranya, mengumumkan ke publik perihal pendaftaran calon panwas yang akan bertugas di tiga kabupaten itu.

"Setelah semua persyaratan administrasi rampung, kami akan melakukan pemeriksaan berkas-berkas yang masuk. Termasuk juga kami akan memverifikasi sejumlah tanggapan masyarakat yang masuk," tandas Mukmin.  Nurul H

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024