Makassar (ANTARA Sulsel) - Kontingen Sulawesi Selatan melakukan perubahan target dari sebelumnya hanya posisi tiga kini diharapkan bisa menembus dua besar pada pelaksanaan BIMP-EAGA (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina-East Asean Growth Area) VIII di Labuan Malaysia, 6-10 Desember 2014.

Ketua Kontingen yang juga Kadispora Sulsel Syamsuddin Umar di Makassar, Kamis, mengatakan cukup optimistis bisa menembus posisi kedua melihat komposisi dan pengalaman sejumlah atlet. Prestasi Sulsel yang cukup rutin di posisi tiga besar juga menjadi modal untuk meraih hasil lebih baik.

"Kita selama ini cukup konsisten dalam pelaksanaan BIMP-EAGA. Mudah-mudahan dengan persiapan yang lebih maksimal bisa membuat kita bisa masuk peringkat dua," katanya.

Demi merealisasikan target dua besar, tim Sulsel mengandalkan sebanyak 43 atlet terbaiknya. Seluruh atlet berasal dari tujuh cabang olahraga masing-masing futsal (10 atlet), sepak takraw (10 atlet), atletik (lima atlet), bulutangkis (enam atlet), pencak silat (enam atlet), panahan(empat atlet), serta voli pasir dengan dua atlet.

Selain atlet, rombongan tim Sulsel juga menyertakan delapan pelatih dan lima ofisial tim. Kontingen Sulsel sesuai jadwal akan meninggalkan Makassar menuju Labuan, Malaysia, 5 Desember 2014.

"Kami minta seluruh atlet terus fokus dan menjaga motivasinya. Soal peluang, kita tentu optimistis karena atlet yang diberangkatkan pada umumnya cukup berpengalaman tampil di kejurda dan kejurnas," jelasnya dalam acara pelepasan atlet BIMP-EAGA Sulsel.

Ketua BIMP-EAGA Sulsel Muh Roem, mengingatkan agar seluruh atlet yang terpilih memperkuat Sulsel mampu membuktikan memang layak. Pihaknya juga meminta atlet lebih fokus dan tidak memanfaatkan kejuaraan tersebut sebagai ajang wisata.

"Atlet kita kirim untuk berjuang meraih hasil terbaik. Buktikan hal itu dengan pencapain terbaik,"ujarnya.

Sekretaris Umum BIMP-EAGA Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan dari tujuh cabang olahraga yang diikuti, pihaknya berharap banyak dari cabang yang selama ini selalu memberikan prestasi seperti sepak takraw, atletik, dan pencak silat.

Tim Sulsel juga tetap berharap pada cabang futsal untuk dapat meraih medali.

Pada pelaksanaan BIMP-EAGA di Filipina, 8-11 Desember 2012, kontingen Sulawesi Selatan berhasil menempati peringkat ketiga dengan perolehan 10 medali emas, empat perak dan tiga perunggu.

Kontingen Sulsel harus mengakui keunggulan provinsi Sabah dan Sarawak Malaysia yang sukses sebagai juara dan runner-up BIMP-EAGA 2012. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024