Makassar (ANTARA Sulsel) - Politisi PDIP Makassar, William Laurin meminta kepada semua rekan-rekannya yang menjadi calon Ketua PDIP Makassar agar menerima hasil seleksi yang dilakukan DPP terkait akan digelarnya Konferensi Cabang.

"Sebagai bagian dari anggota maupun kader PDIP, saya berharap kepada semua teman-teman calon ketua yang namanya sudah ada di tangan DPP agar `legowo` menerima hasil seleksi nanti," katanya di Makassar, Rabu.

William Laurin yang juga anggota DPRD Kota Makassar itu mengatakan, 10 nama-nama calon ketua PDIP Makassar akan diserahkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada awal Februari.

Menurut dia, dari 10 nama yang diusulkan itu, DPP akan menyeleksinya dan memilih tiga orang untuk mengikuti Konfercab berdasarkan semua persyaratan yang telah dibuat.

Adapun 10 nama dimaksud yakni Bahar Mahmud, Herie Sabrang, Nicolaus Beni, Putra Kapoyos, Guhri Satria Saleh, Raisul Jaiz, Mesakh Remond, Munir Mangkana, Rusli, dan Taufiquddin Ande.

Khusus Bahar Mahmud yang juga kandidat incumbent Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Makassar, superioritasnya terus terlihat jelang Konfercab Februari tahun depan.

Beberapa nama pengurus inti DPC PDIP Makassar yang sebelumnya merapat ke Bahar untuk mencekal kader karbitan yang tetap ngotot maju meski terganjal aturan, satu persatu lolos ke DPP PDI Perjuangan di pusat.

"Ada 10 nama yang diusul dan hanya tiga yang memenuhi persyaratan akan dipilih oleh DPP. Selanjutnya, ketiga nama-nama itu akan bertarung di Konfercab PDIP Makassar dengan cara musyawarah dan mufakat," katanya.

Informasi yang diperoleh, nama Bahar Mahmud serta sekertaris PDIP, Nicolaus Beni dan Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi PDIP Harie Sabrang lolos di DPP.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Kader dan Rekrutemen Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Sulawesi Selatan, Dan Pongtasik menyatakan, jika hasil koordinasinya dengan DPP nama-nama itu baru akan diserahkan awal bulan Februari.

"Bulan depan DPP akan serahkan masing-masing tiga nama calon ketua partai yang mengikuti Konferensi Cabang (Konfercab) dan Konfersi Daerah (Konferda) ke DPD," katanya.

Ketiga nama yang akan diserahkan ke DPD PDIP Sulsel ini telah diplenokan oleh DPP sesuai dengan usulan nama-nama yang dikirim oleh DPD beberapa waktu lalu untuk diseleksi.

Nama-nama yang diusulkan ke DPP ini berdasarkan masukan dari unsur PAC untuk pemilihan Ketua DPC pada Konfercab, sedangkan masukan dari unsur DPC untuk pemilihan Ketua DPD pada tingkat Konferda.

"Mereka inilah nantinya yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan pada bulan Februari. Setelah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Mereka dipilih berdasarkan musyawarah mufakat. Siapa yang paling layak menjadi calon ketua periode 2015-2020," jelasnya.

Legislator DPDR Sulsel ini menambahkan, proses pemilihan calon ketua PDIP tersebut mengacu SK DPP nomor 66/TAP/DPP/X1/2014 dan SK DPP No 067/TAP/DPP/X1/2014 tentang tata cara pemilihan dan perekrutan melalui musyawarah mufakat. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024