Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulawesi Selatan mengagendakan tiga kejuaraan di Makassar, Sulsel, jelang pelaksanaan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Ketua Harian Percasi Sulsel, Prof Wasir Thalib di Makassar, Jumat, mengatakan tiga kejuaraan terbuka itu terdiri dari dua ajang lokal se-Sulsel, serta kejuaraan terbuka tingkat nasional.

"Ini merupakan upaya kami dalam meningkatkan kualitas seluruh atlet Sulsel. Kejuaraan ini sekaligus menjadi ajang seleksi bagi atlet untuk memperkuat tim di pra-PON 2015," katanya.

Untuk ajang pertama yang akan digelar, kata dia, yakni kejuaraan terbuka se-Sulsel di Makassar, 19-22 Februari 2015. Selanjutnya kejuaraan daerah Percasi pada Maret 2015. Sementara untuk kejuaraan terbuka untuk tingkat nasional direncanakan di Makassar, pada Mei 2015.

Seluruh kejuaraan tetap mempertandingan sejumlah kategori seperti catur klasik, catur cepat dan catur kilat putra dan putri.

Untuk kejuaraan terbuka tingkat nasional, pihaknya tentu menyakini persaingannya akan lebih ketat karena diikuti para pecatur terbaik dari sejumlah daerah

"Kami tentu berharap partisipasi daerah lain untuk meramaika kejuaraan nanti. Mdah-mudahan seluruh agenda ini bisa berjalan sesuai rencana," ujarnya.

Sementara untuk kejuaraan terbuka se-Sulsel, kata dia, merupakan inisiatif sendiri dalam meningkatkan pembinaan atlet.

Demi menyukseskan kejuaraan, pihaknya tetap mengundang sejumlah klub dan pengcab percasi dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Percasi Sulsel juga berharap agar seluruh atlet bisa mempersiapkan diri sehingga kejuaraan daerah ini bisa berjalan lebih ketat.

Pihak penyelenggara juga akan menyiapkan uang pembinaan bagi para pemenang. Pihaknya juga optimistis kejuaraan ini akan dihadiri lebih banyak peserta.

Selain itu, Pengrov Percasi Sulsel juga akan memanfaatkan kejuaraan ini sebagai ajang seleksi atlet untuk memperkuat Sulsel di Pra-PON 2015. Untuk itu diharapkan pengcab di daerah lebih serius jika ingin atletnya memperkuat Sulsel kedepan.

"Kejuaraan ini sebagai wadah bagi seluruh pecatur untuk membuktikan kemampuannya. Jika mampu menunjukkan kemampuan terbaik maka kita tentu siap memberikan kesempatan tampil di kejuaraan nasional termasuk pra-PON 2015," jelasnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024