Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTIS) tetap menjaga ideologi islam yang moderat agar tidak terjadi konflik seperti di negara-negara lain.

"Apabila ingin tetap mempertahankan pendidikan keislaman di Indonesia ini maka menjaga ideologi yang moderat bukan hanya secara ilmu tapi juga bagian dari melaksanakannya secara baik," kata Wapres di Makassar, Senin.

Wapres berada di Makassar untuk membuka musyawarah nasional ke-11 Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta di Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Wapres mengatakan dasar PTIS adalah Islam tentu ada tantangan terutama saat ini adalah masa yang paling membahayakan atau tantangan yang besar di dunia Islam.

"Hampir 50 persen negara yang penduduknya Islam mengalami konflik pada dewasa ini mulai Pakistan, Afganistan, Irak, Iran, Yaman, Palestina Mesir, Libya, Suriah semua alami konflik yang besar," katanya.

Konflik tersebut saling menghancurkan satu sama lain baik secara fisik dan kemanusiaan, tambah Wapres.

"Apa yang selalu kita kumandangkan Islam sebagai rahmatan lil alamin tentu harus kita pertahankan. Bahwa Islam di Indonesia sangat moderat dan berbeda dari negara lain karena itu kita tetap menjaga itu," katanya. 
R. Malaha

Pewarta : Desi Purnamawati
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024