Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Makassar Gani Sirman menyatakan telah mendaftar sebagai bakal calon Bupati Bulukumba pada empat partai politik.

"Saya sudah siap betul untuk maju di Pilkada Bulukumba. Dukungan saya sangat besar dari masyarakat dan hasil survei juga cukup bagus, tinggal ditingkatkan lagi," ujarnya yang ditemui di DPRD Makassar, Senin.

Empat partai politik yang telah ditempati mendaftar oleh Gani Sirman yakni, Partai Demokrat, Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Bukan cuma di empat partai politik itu dirinya mendaftar, bahkan dia juga telah mengambil formulir pendaftaran di Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Bulukumba. Hanya saja, dirinya belum mengembalikan formulir tersebut.

"Alhamdulillah, sudah empat parpol saya tempati daftar dan kembalikan formulirnya. Untuk PAN, saya juga sudah daftar dan ambil formulirnya, tetapi belum mengembalikannya. Insyaa Allah, secepatnya saya kumpul," katanya.

Mengenai peluangnya diusung parpol, Gani mengatakan hal itu amat bergantung pada hasil survei.

Ia berupaya maksimal agar nantinya mendapatkan tingkat elektabilitas yang tinggi.

"Saya lihat semua parpol mengutamakan kadernya. Makanya kita bersaing di survei saja. Kalau survei kita bagus, partai parpol akan perhitungkan kita," kata dia.

Gani menganggap saat ini belum bisa membaca peta kekuatan kandidat di Bulukumba sehingga siapa saja yang memiliki peluang besar belum kelihatan.

Namun dia berupaya menjalin komunikasi dengan sebanyak mungkin tokoh. Sehingga nantinya akan memudahkan dalam melakukan kerjasama, termasuk dalam penentuan calon bupati dan wakil.

Jauh hari sebelum Pilkada berlangsung, Gani mengatakan sudah menyiapkan basis massa di Bulukumba. Ada empat kecamatan yang akan ia andalkan sebagai daerah pendukung, yakni Bulukumpa, Rilau Ale, Kajang, dan Kindang.

Adapun persiapan administrasi berupa kesiapan untuk mundur dari statusnya sebagai PNS, akan segera dilakukan jika ia dipastikan menjadi calon bupati.

Pada Pilkada serentak tahun ini, sebagian besar partai politik mengandalkan survei dalam menentukan kandidat usungan mereka di masing-masing daerah.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Demokrat Sulsel, Syamsu Rizal, mengatakan pihaknya tengah menunggu hasil survei yang diperkirakan muncul pada bulan depan. Demokrat menggandeng lembaga dari pusat yang dikontrak oleh DPP partai. Setelah ada hasil survei baru kita fit and proper test.

Selain itu, sejauh ini tercatat ada 26 orang kandidat calon bupati di Bulukumba. Mereka berasal dari berbagai latar berlakang rata-rata sudah mendaftar di lebih dari satu partai politik. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024