Makassar (ANTARA Sulsel) - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan menggagas hadirnya Klinik Konsultasi Guru sebagai pusat pelayanan bagi guru terkait profesi mereka.

"Ada berbagai masalah terkait profesi guru, seperti masalah sertifikasi hingga promosi, disinilah fungsi Klinik Konsultasi Guru, yang akan membantu para guru, baik yang PNS atau bukan, ketika menghadapi masalah terkait profesi mereka," kata Ketua PGRI Sulsel Wasir Thalib seusai bertemu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Selasa

Wasir menjelaskan saat ini di Sulsel terdapat 151 ribu guru, 80 ribu diantaranya adalah PNS. Sementara sekitar 71 ribu lainnya merupakan tenaga honorer dan tenaga kontrak.

Klinik Konsultasi Guru ini, kata dia, akan dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan Sulsel, dan direncanakan dapat terwujud tahun ini.

Selain membangun klinik konsultasi guru, PGRI juga berencana menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka peringatan HUT PGRI ke-70.

Porseni tersebut akan dipusatkan di Kabupaten Bantaeng pada November mendatang.

"Sejumlah acara besar berhasil dilaksanakan di Bantaeng, daerah ini sukses menjadi tuan rumah Porseni TNI dan Porda, selain itu Bantaeng juga memiliki venue yang cukup lengkap," ujarnya.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi gagasan pembukaan Klinik Konsultasi Guru tersebut.

"Dengan beban tugas yang besar, para guru tentunya tidak selalu bisa `perform well`, hadirnya klinik ini memang dibutuhkan oleh para guru. Kita dukung," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024