Makassar (ANTARA Sulsel) - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Partai Demokrat Sulawesi Selatan Syamsu Rizal menyatakan jika partainya baru menetapkan kandidat bupati di enam daerah dari 11 kabupaten yang akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015.

"Belum rampung memang. Kita masih menunggu perampungannya dan sampai saat ini baru beberapa kabupaten yang sudah ditetapkan calon bupatinya itu," ujarnya di Makassar, Jumat.

Beberapa daerah yang telah ditetapkan calon usungannya dan akan turun bertarung pada pilkada, seperti Kabupaten Maros, Pangkep, Toraja, Barru, Selayar dan Luwu Timur (Lutim).

Syamsu Rizal yang juga Wakil Wali Kota Makassar itu mengatakan jika perampungan usungan calon bupati di lima kabupaten tersisa akan dilakukan dalam waktu beberapa hari ini.

"Tidak lama lagi. Sudah hampir rampung dan diumumkan. Setalah Rampinas di Jakarta pasti kami sudah rampungkan semuanya itu, kira-kira tanggal 5 (Juli) nanti selesai semuanya," terangnya.

Sebelumnya, DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan memutuskan untuk menunda pengumuman nama-nama bakal calon bupati dan wakilnya yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah di 11 kabupaten akhir tahun ini.

"Nama-nama yang akan diberikan rekomendasi oleh DPP sudah ada di tangan DPP. Hanya saja, diputuskan untuk menundanya dulu sesuai dari jadwalnya," ujar Pelaksana tugas (Plt) Ketua Demokrat Sulsel Ni`matullah beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, penundaan usungan tersebut lantaran kondisi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono masih kelelahan usai bertolak ke Amerika.

Meski begitu, Ni`matullah tetap menegaskan tidak ada intervensi dalam penetapan usungan. Dia beralasan penentu jagoan Demokrat di semua Pilkada adalah Ketua Umum.

"Bagaimana mau diintervensi, kalau yang menentukan adalah Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua umum. Kita semua tahu bagaimana berwibawanya pak SBY," katanya.

Ulla sapaan akrab Ni`matullah menyatakan jika sampai saat ini sudah ada 65 nama bakal calon kepala daerah yang telah melewati proses penjaringan disetiap daerah.

Nama-nama ini kemudian diserahkan ke Jafar Hapsah sebagai Wakil Ketua Umum Demokrat. Nama itu, akan dikerucutkan menjadi 30 nama dan selanjutnya diserahkan ke SBY menjadi 22 nama.

"Awal Juli nanti sekitar tanggal 4 atau 5 digelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Semua Ketua DPD level Provinsi akan memaparkan nama-nama yang telah masuk dalam penjaringan. Kemungkinan sekaligus finalisasi," ucapnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024