Makassar (ANTARA Sulsel) - Pembebasan lahan kereta api Makassar - Parepare Provinsi Sulawesi Selatan tahap II ditargetkan rampung pada November 2015.

"Saat ini, untuk pembayaran tahap II sedang diproses yang tersisa (pembebasan lahan) dari Barru ke Makassar atau Barru ke Parepare, sedang diverifikasi. Kita perkirakan November sudah bisa penyelesaian," kata Kepala Biro Pemerintahan Umum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Asmanto Baso Lewa saat ditemui di sela-sela acara silaturrahmi dengan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sabtu.

Untuk pembebasan lahan tahap ke II ini, kata dia, panjang lahan yang akan dibebaskan mencapai 110 kilometer.

"Tergantung yang mana yang lebih dulu siap untuk diproses secepatnya, dari Barru - Makassar, atau Barru - Parepare," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, saat ini telah disiapkan anggaran sebesar Rp200 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Sementara terkait pembayaran pembebasan lahan tahap I yang kini sedang berjalan, Asmanto mengatakan, sejauh ini tidak ada hambatan berarti yang ditemui.

"Tinggal waktu pembayaran yang tertunda karena Ramadhan dan Lebaran," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Masykur Sulthan terkait pembebasan lahan tahap II.

"Untuk tahap II, saat ini sedang berproses dan kami akan membahas teknis," katanya.

Sementara terkait pembebasan lahan tahap I yang kini tengah dalam proses pembayaran, Masykur mengatakan terdapat sedikit kendala administratif.

Pihak bank, yang melakukan proses pembayaran, kata dia, meminta kembali dilakukan verifikasi administratif terkait penerima dana pembebasan lahan. 

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024