Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat akan melakukan sosialisasi untuk program optimalisasi lahan perkebunan di Kabupaten Mamuju Utara dalam rangka mengantisipasi serangan hama dan penyakit pada tanaman kakao.

Kepala bidang sarana dan prasarana Disbun Sulbar, Zonny Mangitung di Mamuju, Jumat mengatakan, Disbun Sulbar akan menggelar sosialisasi optimalisasi lahan mengantisipasi serangan hama dan penyakit karena hama dan penyakit menjadi suatu masalah dalam pengembangan kakao di Sulbar.

Ia mengatakan, program yang akan didanai APBD Sulbar tersebut akan dilaksanakan melalui program intensifikasi selain itu dilakukan penyuluhan kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan lahan dengan baik.

Menurut dia, dari kegiatan itu nantinya akan dilakukan program pemberian bantuan fisik bagi petani dengan memberikan obat-obatan seperti pestisida dan fungisida yang dialokasikan melalui APBD.

Ia berharap bantuan obat-obatan kakao itu nantinya dapat mencegah hama dan penyakit tanaman kakao yang disebabkan jamur yang merusak kakao petani dan membuat mereka gagal panen.

"Pemerintah berharap dengan bantuan obat-obatan ini kakao Sulbar terbebas hama dan produksi kakao Sulbar saat ini sekitar 130 ribu ton per tahun dapat terus meningkat,"katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024