Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar berbenah jelang pertemuan Wali Kota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Mayor Forum/AMF) 2015 yang dijadwalkan berlangsung di ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar, 7-10 September 2015.

"Kita ingin agar kegiatan internasional seperti pertemuan Wali Kota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara berjalan sukses dan lancar. Kita juga ingin agar pertemuan ini mendapat kepuasan dari para tamu yang datang," ujar Kabag Humas Pemkot Makassar Firman Pagarra yang dikonfirmasi di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, demi suksesnya pertemuan internasional itu di Makassar, sejumlah pembenahan seperti memperbaiki dan menata taman kota adalah salah satunya.

Firman Pagarra mengaku, taman kota adalah salah satu tempat yang menjadi perhatian para tamu-tamu baik tamu domestik maupun tamu mancanegara yang ikut bersama wali kota luar negeri.

"Banyak tempat umum dan land mark kota yang mungkin akan didatangi oleh para tamu. Makanya, kita benahi agar lebih tertata dan kelihatan indah di mata para tamu," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar selaku tuan rumah AMF 2015, telah menyebar 2.000 undangan untuk seluruh Wali Kota se-ASEAN dan seluruh kepala daerah se-Indonesia dan pihak lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan pada AMF 2015 berupa "Makassar Investment Forum", "Makassar Global Expo", dan "Asean Community Week", kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Khusus untuk Wali Kota negara-negara anggota ASEAN yang diundang secara khusus 150 wali kota, duta besar dari berbagai negara, serta gubernur dan bupati se-Indonesia.

Dia mengatakan, pertemuan bergengsi ini merupakan kali kedua digelar di Indonesia setelah pada 2011 dihelat di Surabaya, Jawa Timur.

"Ini adalah momentum untuk memperkenalkan semua potensi Kota Makassar kepada para wali kota di ASEAN. Bukan cuma wali kota yang datang, para pengusaha mancanegara juga hadir," katanya.

Sementara itu Projek Manajer AMF Husain Muslimin menambahkan kegiatan khususnya Makassar City Expo dan ASEAN Community akan berlangsung di dua tempat berbeda yakni di Hotel Seraton dan Anjungan Pantai Losari.

"Kegiatannya itu di dua tempat berbeda, pertama ASEAN City Expo dilaksanakan di hotel Seraton dan ASEAN Community digelar di Anjungan Pantai Losari," katanya.

Peserta dari Makassar City Expo berasal dari pemerintah kota se-Indonesia dan se-ASEAN. Stand pameran di anjungan pada ASEAN Community dikhususkan kepada beberapa negara ASEAN dan beberapa sektor yang ada Makassar.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024