Makassar (ANTARA Sulsel) - The 3rd Indonesia seaweed forum (ISF ke-3) yang merupakan rangkaian forum ilmiah, pameran, dan forum bisnis komoditi rumput laut yang digelar di Makassar pada 11-15 November 2015, diikuti oleh 15 negara.

"Ke-15 negara tersebut adalah Jepang, Italia, Australia, Maroko, Vietnam, Malaysia, China, Philipina, Korea Selatan, India, Argentina, Spanyol, Swiss, Prancis dan Jerman," kata Ketua Panitia Arman Arfah di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan sekurangnya 200 orang pseserta hadir dalam kegiatan ini, dan masih terus bertambah.

"Para peserta adalah pelaku usaha, akademisi, unsur pemerintah dan kalangan industri," tambahnya.

ISF, lanjutnya, ingin mengekplorasi manfaat rumput laut sebagai produk-produk makanan, kesehatan, kecantikan, energi dan produk pendukung industri lainnya.

"Forum ini menjadi kesempatan tukar menukar dan pembaruan informasi, pengalaman dan presentasi hasil riset dan pengembangan rumput laut," jelasnya.

Selama pelaksanaan forum ini, berbagai kegiatan akan digelar. Kegiatan hari pertama adalah Sarasehan Nasional  Masyarakat Pesisir. Digelar di Maraja Ballrom Sahid Hotel, Sarasehan menghadirkan para gabungan kelompok tani wilayah pesisir seluruh Indonesia.

Hari Kamis, 12 November 2015 kegiatan berupa forum bisnis internasional. Di sana topik kolaborasi pelaku budidaya dan industri pengolahan serta eksportir digarap. Selain itu, strategi dan penguatan peran lembaga koperasi dan lembaga keuangan bank juga dibahas. Ada pula temu bisnis dan presentasi produk.

Selain forum ilmiah digelar pula pameran dengan mengambil tajuk GEMARI SEHAT Gerakan Makan Rumput Laut Sehat Berserat Indonesia.

Kegiatan ini memamerkan produk makanan, produk kecantikan dan kesehatan yang berbahan baku rumput laut. Sebanyak 65 stand di Mall Ratu Indah turut serta dalam kegiatan ini.

Kamis malam, Asosiasi Industri Rumput Laut (Astruli) akan mengggelar rakornas di tempat yang sama. Diharapkan dengan rakernas ini dapat dihasilkan program kerja yang dapat mengkptimalkan kerjasama antar stakeholder.

Jumat 13 Nopember 2015, Forum Ilmiah masih berlanjut. Para pembicara dari berbagai negara akan memaparkan hasil penelitian tentang rumput laut yang selama ini mereka lakukan.

Jumat malam, di Baruga Anging Mammiri Makassar Rumah Jabatan Walikota Makassar, peserta ISF akan dijamu dalam culture night.

Sabtu 14 Nopember 2015 para peserta ISF akan mengikuti field trip di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024