Makassar (ANTARA Sulsel) - Lima petinju Sulawesi Selatan sukses menembus babak semifinal kejuaraan nasional tinju antarPusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Medan, Sumatera Utara, 23-28 November 2015.

Pelatih Tinju PPLP Sulsel, Abdi Amahoru saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan lima atlet yang tetap menjaga peluang meraih emas itu masing-masing Holy Masihor dikelas 44 kg, Jhon Latuheru (42 kg), Muslimin Sugito (56 kg putra), Nurul Annisa Amahoru kelas 42 kg, dan Sri Evianti yang turun di kelas 50 kg putri.

"Kelima atlet memastikan diri berlaga di semifinal setelah mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak sebelumnya. Kami tentu berharap kelima atlet bisa kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya pada naga malam ini," katanya.

Tim tinju Sulsel pada kejurnas PPLP 2015 ini menurunkan sebanyak delapan atlet. Namun tiga atlet lainnya dipastikan gagal merebut medali karena tersingkir sejak babak penyisihan diantaranya Sandy Nirwan (48 kg putra) Sri Rahayu (44 kg), Marhayati pada kelas 48 kgp putri.

Mengenai peluang kelima atlet lolos ke babak final, dirinya mengaku optimisis. Apalagi sejumlah atlet memang memiliki pengalaman dan prestasi pada kejuaraan sebelumnya termasuk di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015.

Terkait keberhasilan lima atlet tampil di babak semifinal, kata dia, sekaligus menjaga peluang Sulsel mewujudkan target merebut dua medali emas pada ajang tahunan tersebut.

Dirinya juga meminta seluruh atlet untuk fokus mengingat lawan yang berlaga di semifinal dipastikan memiliki kualitas. Pihaknya juga berharap seluruh atlet mampu menjaga mental bertanding dan tidak gentar meski menghadapi lawan yang lebih diunggulkan.

"Kita lihat potensi untuk merebut medali akan jauh lebih besar dengan pencapaian sejumlah atlet sejauh ini. Kami juga meminta seluruh atlet untuk fokus agar apa yang kita target bisa terealisasi,"katanya.

Pada pelaksanaan Kejurnas antarPPLP di Ternate, Maluku Utara 2014, tim Sulsel hanya mampu merebut medali perak dan perunggu melalui Hardiansyah, Sandi Nirwana dan Ardiyanto.

Namun untuk pelaksanaan 2015 ini pihaknya jukup berani memetok target dua medali emas karena peningkatan kualitas atlet serta prestasi petinju yang tentu diharapkan sebagi modal untuk tampil lebih termotivasi.

"Namun pencapaian kita belakangan ini menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Makanya kita optimistis bisa merah hasil yang lebih baik pada pelaksanaan kejurnas PPLP 2015," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024