Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kodim 1418/Mamuju, Sulawesi Barat mendata seluruh potensi sumber daya alam (SDA) di wilayahnya dalam rangka memperkuat pertahanan daerah.

"Kodim Mamuju saat ini fokus melakukan pendataan seluruh potensi SDA di wilayah kerjanya dalam rangka memperkuat pertahanan daerah dan untuk meningkatkan pembangunan," kata Dandim Letkol Imran di Mamuju, Sabtu.

Tugas utama TNI adalah menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjaga serta melindungi tanah tumpah daerah Indonesia dan bangsanya.

Dikatakan, kekuatan bangsa ini mesti terkelola sehingga pendataan potensi SDA sebagai kekuatan mesti dilakukan agar nantinya dapat terkelola maksimal menjadi sumber kekuatan negara.

"Kalau sewaktu-waktu negara dalam kondisi perang, bangsa ini sudah siap karena mengenali dan mampu mengelola kekayaan alamnya," katanya.

TNI juga ikut menjaga stabilitas keamanan negara dari segala bentuk ancaman yang dapat meronrong negara NKRI

"TNI akan menjalankan fungsinya melindungi segenap bangsa indonesia, sehingga personel TNI tetap disiagakan mengamankan Pilkada Mamuju," katanya.

` Menurut dia, satu SSK personel TNI akan disiapkan dengan meminta bantuan pasukan dari Korem 142 Taroada Tarogau dan Kodim Kabupaten Polman.

Ia mengatakan, di Pilkada Mamuju TNI akan bersiaga membantu aparat kepolisian menjaga agar pilkada agar tetap aman dan terkendali.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024