Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sulawesi Selatan mengantar petani Sulsel meraih juara nasional.

"Alhamdulillah setelah Bakorluh melakukan pendampingan, sejumlah petani tambak yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Andalan Sejahtera I Kota Makassar mampu merebut Juara I Lomba Gempita Kelompok Kelautan dan Perikanan Nasional Tahun 2015," kata Ketua Pokdakan Andalan Sejahtera I Kota Makassar Muslimin di Makassar, Rabu.

Menurut dia, keberhasilan itu tidak terlepas dari bimbingan dan pendampingan Bakorluh di bawah kepemimpinan Firdaus Hasan selaku Kepala Sekretariat Bakorluh.

Ia mengatakan, pihaknya sangat berterimasih karena berkat bantuan dan bimbingan dari Kepala Bakorluh Sulsel dan para staf, sehingga kelompoknya berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Sulsel.

"Selanjutnya, kami meraih juara Tingkat Wilayah III (Indonesia Bagian Timur, red), dan akhirnya juara pertama tingkat nasional dalam Lomba Gempita yang dilaksanakan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 18 Desember 2015," tutur Muslimin.

Alumni prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unhas itu mengungkapkan bahwa Kepala Bakorluh Sulsel dan para staf, serta penyuluh yang mendampingi, selain membantu dari segi fasilitas dan bimbingan teknis dalam mengikuti lomba, juga sangat membantu dari segi penyiapan mental dalam menghadapi lomba.

"Kami menyiapkan diri sebaik-mungkin, tetapi sama sekali tidak punya beban saat berlomba," ungkap Muslimin.

Sementara itu, Kepala Bakorluh Sulsel Firdaus Hasan menyampaikan rasa salut dan terima kasihnya atas perjuangan dan kegigihan Muslimin dan rekan-rekannya dalam mengikuti lomba, sehingga akhirnya keluar sebagai juara nasional.

Dia mengatakan, ini merupakan pertama kalinya Sulsel berhasil keluar sebagai juara pertama Lomba Gempita Kelompok Kelautan dan Perikanan Tingkat Nasional.

"Dalam dua kali lomba sebelumnya (tahun 2013 dan tahun 2014), wakil Sulsel hanya menempati juara ketiga," ujar Firdaus.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024