Makasar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 100 karya lukisan dari kain kanvas bertajuk `These Day` dipamerkan di Benteng Rotterdam sebagai rangkaian diresmikannya Galeri Seni Rupa Dewan Kesenian Makassar atau DKM.

"Karya-karya ini merupakan hasil dari 44 perupa dari berbagai seniman di Sulsel dan luar Sulsel," kata panitia pameran Mike Turusy di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurut dia, pameran ini sangat dinanti-nantikan para seniman untuk menampilkan karya-karyanya agar diketahui publik serta sebagai sarana promosi karya seni.

"Pameran ini akan kami buka mulai hari ini, 21-24 April 2016. Selain itu dengan kehadiran Galeri Seni Rupa ini tentu kami akan membuka pelatihan secara gratis bagi semua yang menyukai karya seni," papar pelukis kawakan itu.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat membuka secara resmi galeri seni rupa dan pameran tersebut menyatakan karya seni rupa ini mempunyai nilai tersendiri.

"Saya yakin karya-karya seni dari para seniman akan menjadi fundamental, mengingat Makassar nantinya akan menjadi kota dunia. Ini patut mendapat perhatian," katanya dihadapan seniman dan undangan yang hadir.

Menurut dia, karya seni tidak bisa diukur berapa nilainya karena seni punya ruang tersendiri untuk mengetahui dan menikmatinya lebih dalam.

"Kota Dunia akan menghargai karya-karya seniman kita. Saya berterima kasih atas dukungan para seniman untuk memajukan seni dan budaya kita," katanya menambahkan.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Makassar Erwin Kallo pada kesempatan itu mengatakan apabila tidak ada sinergi antara pemerintah kota dengan para seniman maka karya-karya akan mandek.

"Kami bersyukur didukung Pemkot Makassar sehingga kehadiran Galeri Seni Rupa bisa terwujud dan akan menjadi wadah para perupa baik di Sulsel maupun di Indonesia," ujarnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024