Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Bone, Nurdin Kasim berharap besar kepada semua alumninya agar memperdalam ilmu tentang kelautan dan perikanannya di luar negeri.

"Para alumni kita banyak yang tersebar di luar negeri dan memang lulusan SUPM Bone diminati oleh perusahaan ternama luar negeri," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa.

Nurdin Kasim mengatakan, para lulusan yang bekerja di luar negeri, diharapkan dapat menggali ilmu pengetahuan dan teknologi selama menjalani masa kontrak dengan perusahaan asing.

Dengan demikian, sekembalinya kelak ke tanah air, diharapkan mereka dapat mengembangkan usaha kelautan dan perikanan dengan menerpkan ilmu dan pengalaman mereka selama di luar negeri.

"Ambil ilmunya di luar (negeri), bawa pulang ke sini, terapkan dan kembangkan di sini. Luar negeri seperti Jepang itu termasuk negara yang maju dalam bidang apapun," katanya.

Pada tahun akademik 2016 ini, SUPM Bone kembali mewisuda 186 orang siswa dan siswinya setelah tiga tahun lamanya mereka ditempa di kampus untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya dibidang kelautan dan perikanan.

Para lulusan itu selain mendapat ijazah, juga mendapat sertifikat keahlian, terdiri dari sertifikat Manajer Pengendali Mutu bagi lulusan TBP, sertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan dan Basic Safety Training bagi lulusan NPL, serta sertifikat HACCP bagi lulusan TPHP.

Dengan diwisudanya para lulusan kali ini, maka SUPM Bone sejak berdiri tahun 1988 telah meluluskan sebanyak 2.655 orang. Menurut Nurdin, serapan lulusan untuk bekerja di luar negeri tertinggi adalah di tahun ini.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP), Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, SUPM Bone salah satu penghasil tenaga SDM dibidang kelautan dan perikanan yang banyak diminati.

"Sekolah yang dinaungi langsung oleh Kementerian ini menjadi pencetak SDM (sumber daya manusia) handal di berbagai bidang keahlian dan banyak diserap oleh perusahaan terkenal di luar negeri," kata

Dia mengatakan, setiap tahunnya, para lulusan dari SUPM Kementerian Kelautan dan Perikanan ini selalu diminati oleh perusahaan ternama luar negeri.

Bahkan sebelum dinyatakan lulus atau masih berstatus siswa, sudah banyak yang terserap ke perusahaan luar negeri sambil menunggu penyelesaian studi di bangku sekolah.

"Mereka semua percaya dengan keahlian dan keterampilan lulusan dari siswa kita, jadi wajar-wajar saja kalau setiap tahunnya peminatnya sangat banyak," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024