Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim Bhayangkara Surabaya United (BSU) sukses membungkam tuan rumah PSM Makassar dengan skor 2-1 dalam lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin malam.

Dua gol tim tamu masing-masing dipersembahkan Thiago Furtuoso pada menit ke-66 serta Khair Allah saat pertandingan memasuki menit ke-70. Adapun gol hiburan dari PSM dicetak Ardan Aras pada menit ke-84.

Tampil dihadapan ribuan pendukung setia sekaligus upaya untuk kembali bangkit, membuat tim Juku Eja langsung mengambil inisatif penyerangan.

Namun koordinasi yang cukup baik dan permainan yang rapat dari Bhayangkara Surabaya United membuat upaya PSM Makassar kurang berjalan maksimal.

Peluang pertama tuan rumah akhirnya didapatkan pada menit ke-9. Tendangan bebas dari depan kotak penalti BSU yang dilesakkan Ferdinand meluncur deras meski akhirnya masih bisa dihadang pemain bertahan lawan.

Memasuki menit-22, tim tamu yang diberkuat Evan Dimas terlihat mulai cukup bebas. Hal itu diikuti dengan lahirnya peluang pada menit ke-23 melalui Thiago Furtuoso. Peluang itu akhirnya bisa diblok pemain belakang PSM yang membuat skor tetap tidak berubah 0-0.

Tuan rumah PSM langsung membalas peluang itu melalui Ferdinand Sinaga pada menit ke-26. Sayang Ferdinand yang tinggal berhadapan dengan gawang masih kalah cepat dari kiper BSU yang dijaga Wahyu Tri Nugroho.

Peluang kembali didapatkan PSM pada menit ke-32. Namun tendangan Ferdinand dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari lini tengah, hanya mampu melambung diatas mistar gawang BSU.

Peluang itu akhirnya mendapat respon dari pemain BSU pada menit ke-40. Wahyu Subo Seto yang berdiri bebas mencoba melesakkan tembakan keras. Tendangan keras dari luar kotak penalti hanya tipis dari sudut kanan gawang PSMyang dikawal Dinas Galih Pratama.

Begitupun dengan menit ke 41, BSU kembali mengancam gawang PSM meski akhirnya bisa digagalkan pemain bertahan PSM. Peluang itupun menjadi yang terajhir hingga wasit Oki Dwi Putra meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, tim PSM yang berburu gol kembali mengambil inisiatif. Upaya ini nyaris berbuah manis dengan lahirnya peluang melalui tendangan bebas. Rasyid yang mengambil tendangan bebas akibat pelanggaran pemain BSU itu meluncur deras disudut kiri gawang meski pada akhirnya mampu ditepis penjaga gawan BSU.

Ribuan suporter PSM akhrinya bungkam dengan gol dari Thiago Furtuoso pada menit ke-66. Gol ini sendiri berawal dari umpan Fandi Eko Utomo didepan kotak 16 besar PSM. Thiago yang cukup bebas lebih dulu mendorong bola sebelum akhirnya melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi gawang PSM.

Tim tamu kembali membuat gol pada menit 70 sekaligus memperlebar jarak menjadi 0-2 melalui gol Khair Allah. Gol ini sendiri tercipat cukup indah karena mampu melakukan solo run dan melewati penjaga gawang PSM sebelum diakhiri dengan tendangan terukur yang tidak begitu keras.

Tuan rumah PSM akhirnya mampu memperkecil skor melalui gol sundulan dari Ardan Aras pada menit ke-84. Gol ini terjadi melalui serangan yang cukup apik sebelum akhirnya bisa dimanfaatkan menjadi gol sekaligus mengubah skor menjadi 1-2.

Kedua tim kembali mendapatkan beberapa peluang meski akhirnya skor 1-2 tetap bertahan hingga wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024