Makassar (ANTARA Sulsel) - Manajemen PSM Makassar memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja para asisten pelatih yang sukses mengantarkan tim "Juku Eja" mengalahkan tuan rumah Persija Jakarta dengan skor 0-1 dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Direktur Klub PSM, Sumirlan di Makassar, menyatakan kemenangan ini tentunya menjadi kado perpisahan terindah yang dipersembahkan asisten pelatih Budiman Buswir dan Budiardjo Thalib yang akan segera meninggalkan tim senior untuk menangani tim PSM U-21.

"Terima Kasih Budiman Buswir yang mampu melahirkan sosok penjaga gawang muda potensial yakni Syaiful yang tampil begitu gemilang khususnya dalam pertandingan ini. Begitupun Budiardjo Thalib yang telah memberikan kemenangan tandang pertama tim Juku Eja," katanya.

Budiardjo Thalib pada laga menghadapi Persija Jakarta memang dipercaya mengisi posisi Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts yang harus absen mendampingi tim karena terkena sanksi dari PT GTS.

Ia menjelaskan, kemenangan ini memang bukan hanya sekadar merebut tiga poin di kandang lawan. Hasil maksimal ini juga sebagai wujud komitmen kedua asisten pelatih untuk membeirkan kado istimewa bagi Tim PSM.

"Budiman Buswir merupakan pelatih yang luar biasa dalam memoles pemain muda menjadi calon penjaga gawang timnas. Saya juga apresiasi kinerja Budiardjo Thalib yang membuktikan dirinya punya potensi," ujarnya.

CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin menyatakan PT PSM Makassar memang melakukan perombakan komposisi asisten pelatih jelang putaran kedua Kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Untuk pelatih Kepala PSM tetap dipercayakan kepada Roberts Rene Alberts didampingi empat asisten pelatih, yakni Imran Amirullah, Syamsuddin Batola, Bahar Muharram dan serta pelatih kiper Herman Kadiaman.

"Sementara untuk Budiardjo Thalib dan Budiman Buswir yang sebelumnya sebagai asisten pelatih, kini dipindahkan untuk menangani Tim PSM U-21 yang dibantu dua asisten pelatih yakni Yusrifar Djafar dan Arman Arsyad," katanya.

Dengan perubahan komposisi ini, maka dua nama baru yang masuk skuat senior, yakni Herman Kadiaman dan Imran Amirullah dipercaya mengisi posisi yang ditinggalkan Budiardjo Thalib dan Budiman Buswir yang kemudian digeser menangani ke Tim PSM U-21.

Ia menjelaskan, pihaknya bersama pelatih kepala telah melakukan evaluasi, dan merampungkan penentuan komposisi pelatih sebelum berangkat ke Solo, menghadapi Persija Jakarta.

Hal itu lebih cepat dilakukan, menurut dia, dikarenakan setelah menghadapi Persija di Solo, maka tim pelatih akan kembali bekerja di tempat baru masing-masing.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024