Makassar (Antara Sulsel) - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulawesi Selatan memaparkan rencana pelaksanaan Program 10.000 Inovasi Guru yang akan diluncurkan pada 12 Maret 2017 kepada Komisi E DPRD Sulsel.

"Program 10.000 Inovasi Guru akan kami luncurkan pada Maret nanti. Kegiatan ini berbentuk workshop atau pelatihan yang dipusatkan di Gedung Samsung Learning Center Makassar di Jalan Gagak," kata Ketua IGI Sulsel Edi Sutarto, di kantor DPRD Sulsel, Makassar, Rabu.

Peluncuran program ini, kata dia, akan dihadiri petinggi Samsung, Dinas Pendidikan Sulsel maupun kabupaten/kota, serta sejumlah pihak terkait lainnya untuk mendukung acara tersebut.

Selain itu, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan kualitas guru dengan dilatih literasi, gemar membaca dan menulis buku, serta diharapkan mengajak masyarakat dan pihak sekolah untuk gemar membaca maupun menulis.

"Program tersebut juga akan melatih teman-teman guru yang dikemas dalam bentuk pelatihan teknologi informasi agar kemampuan guru menjadi bertambah, sehingga harapannya bisa mentransformasikan ilmu yang didapatkan kepada peserta didik lainnya," katanya pula.

Menurut dia, kegiatan 10.000 inovasi guru itu akan meningkatkan kualitas dan kompetensi profesional para tenaga pendidik demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di Sulsel.

Kegiatan itu, lanjut Edi, dipersembahkan sebagai rangkaian Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-348 pada 19 Oktober 2017 nanti. Salah satu persembahannya adalah inovasi mengangkat tema "10.000 Karya Guru" dirangkaikan dengan Hari Guru Nasional 2017.

"Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Sulsel. Kami berhatap DPRD Sulsel khususnya Komisi E yang membidangi pendidikan bisa memfasilitasi serta diharapkan hadir dalam peluncuran program kami di Learning Center," ujar Edi.

Selain itu, usai peluncuran program, tim IGI juga akan menggelar pelatihan serta seminar di 24 kabupaten/kota mulai 1 April hingga 27 Agustus 2017.

Pihaknya berharap agar anggota DPRD Sulsel pada daerah pemilihan di salah satu kabupaten bisa menfasilitasi kegiatan tersebut.

Ketua Komisi E DPRD Sulsel Marzuki Wadeng dalam kesempatan itu mendukung sepenuhnya Program 10.000 Inovasi Guru guna memberikan perubahan serta penambahan ilmu bagi tenaga didik untuk kemajuan pendidikan.

Hanya saja dirinya belum bisa memastikan apakah anggota dewan bisa memfasilitasi di dapil masing-masing.

"Kami mendukung kegiatan positif ini untuk kemajuan pendidikan kita. Tetapi, saya tidak bisa menjamin kehadiran anggota DPRD di dapil masing-masing karena mereka punya kesibukan dengan agenda cukup padat, tetapi semuanya dikembalikan lagi kepada anggota tentang kesiapan itu," kata Marzuki lagi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024