Makassar (Antara Sulsel) - Tiga politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) asal Sulawesi Selatan mendapat apresiasi dari dewan pimpinan pusat (DPP) partai itu karena berkinerja baik dan mampu berkomunikasi lewat media.

Koordinator Media Research Centre DPP NasDem Asep Sudarmono di Makassar Rabu mengatakan legislator Partai Nasdem asal Sulsel yakni Arum Spink, Syaharuddin Alrif dan Akbar Faisal berkinerja baik dalam hal penyampaian kinerja melalui pemberitaan ke publik.

"Selamat bagi nama-nama anggota DPR RI dan DPRD yang telah masuk penilaian dari MRC DPP NasDem dan ini adalah salah satu alat untuk mengukur kinerja anggota dewan kita," ujarnya.

Dasar penilaian dari MRC NasDem yakni dengan evaluasi yang dilakukan untuk mengukur tingkat kinerja 1.364 legislator mulai dari tingkat DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD kabupaten dan kota.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah kemampuan anggota fraksi dalam menyampaikan kinerjanya ke publik dan berkomunikasi melalui media.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan MRC NasDem selama tujuh bulan, terdapat 20 nama legislator yang masuk kategori berkinerja baik dengan indikator yang digunakan dalam memberikan nominasi ini adalah pemberitaan media elektronik, cetak dan online.

"Mereka yang terekam adalah mereka yang intens mempublikasikan kinerjanya pada publik yang tertangkap media," katanya.

Sementara itu anggota DPRD Sulsel Arum Spink yang dimintai tanggapannya tentang itu menyatakan diri memberikan apresiasi kepada media massa yang telah banyak membantunya dalam hal penyampaian informasi tentang kegiatannya selaku legislator.

"Terima Kasih buat teman-teman media karena kami selaku wakil rakyat butuh media penyampai pesan tentang apa yang telah kita kerjakan selama ini di DPRD dan itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita kepada konstituen," katanya.

Berdasarkan data hasil perekaman dan penilaian dari MRC NasDem, Arum Spink yang merupakan anggota DPRD Sulsel dari daerah pemilihan Bulukumba-Sinjai menempati posisi kesembilan secara nasional dari 1.364 legislator semua tingkatan di seluruh Indonesia.

Mantan Ketua KPUD Bulukumba ini berhasil menyisihkan sejumlah nama-nama anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Fraksi Partai NasDem se Indonesia.

Sementara khusus untuk level anggota DPRD Provinsi Sulsel, Pipink berhasil menempati posisi nomor urut 2 setelah anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Bestari Barus yang menempati posisi pertama.

Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse menyatakan kebanggaannya atas capaian tersebut.

Ia mengatakan publikasi ini penting untuk memacu kinerja para legislator fraksi NasDem lainnya agar bisa berbuat lebih baik kepada masyarakat khususnya konstituen di dapil masing-masing.

"Yang lebih terpenting bahwa bagaimana bersinergi dan memanfaatkan media agar kinerjanya terukur dan jelas. Politisi tanpa media itu tidak ada artinya," ungkap Bupati Sidrap ini.

"Tidak mudah bisa menempati posisi itu. Bisa bersaing dan mengungguli sejumlah anggota DPR RI. Kita banggalah, dan Pipink pantas mendapat posisi tersebut," ujarnya lagi.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024