Pinrang, Sulsel (Antara Sulsel) - Tuan rumah Kabupaten Pinrang, Sulwesi Selatan, hanya menargetkan masuk posisi lima besar pada pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI di Kabupaten Pinrang pada 2018.

Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi di Pinrang, Kamis, mengatakan pihaknya memang cukup tahu diri dengan kondisi dan kemampuan atlet yang masih kesulitan mengimbangi dominasi Kota Makassar yang selalu rutin tampil sebagai juara umum pada ajang empat tahunan tersebut.

"Bisa menembus posisi lima besar, saya kira merupakan prestasi yang sudah maksimal. Apalagi kami sebagai tuan rumah juga lebih fokus untuk bisa menyukseskan penyelenggaraan porda dan meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Untuk merealisasikan target lima besar pada Porda 2018, dirinya tetap mengandalkan sejumlah cabang olahraga khususnya dari cabang bela diri.

Pihaknya juga masih terus memantau potensi setiap cabang olahraga dan berharap atlet yang memperkuat Pinrang di ajang olahraga terbesar se-Sulsel itu bisa tampil maksimal dan menjaga persaingan merebut medali porda.

"Porda ini merupakan ajang talenscouting atau pemantauan atlet untuk bisa memperkuat Sulsel di kancah nasional hingga internasional. Kami juga tentu punya harapan agar atlet kita bisa mengharumkan nama daerah kedepan," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya sebagai penyelenggara terus fokus merampungkan seluru benue atau sarana dna prasarana yang dibutuhkan untuk menyukseskan pelaksanaan Porda 2018.

Sejumlah fasilitas atau venue seperti bulu tangkis, tenis lapangan, sepak bola, futsal, renang termasuk cabang bela diri juga sudah bisa dan siap digunakan.

"Sebagai tuan rumah, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya khususnya membangun sejumlah venue pertandingan. Untuk tahun ini merupakan tahap penyempurnaan. Awal 2018 seluruh venue telah rampung dan masuk tahap persiapan,"jelasnya.

Lebih jauh, Sekretaris Umum TI Sulsel demisioner, Muhammad Tahir, mengatakan dua kabupaten di Sulawesi Selatan masing-masing Tana Toraja dan Pinrang bersaing menjadi penyelenggara babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) cabang taewkondo 2017.

Menurut dia, kedua kebupaten itu memang sudah mengajukan diri meski pihaknya masih akan melihat siapa yang mendapatkan dukungan paling banyak sebagai tuan rumah.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024