Gorontalo (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, menyuguhkan kerja sama sektor pariwisata dan perikanan pada pertemuan investasi ramah lingkungan "Green Investment Meeting" (GIM), di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Banggai, Paiman Karto, Sabtu, mengatakan, pariwisata bahari merupakan unggulan di daerah itu.

"Selain itu kami juga memiliki wisata alam dan air terjun, serta wisata budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah lain," katanya.

Saat ini kata Paiman, setelah adanya GIM, sebanyak 17 daerah dari tiga Provinsi yang hadir, sepakat untuk mengembangkan pariwisata di kawasan Teluk Tomini.

"Kita akan mengembangkan kawasan ini, sehingga masing-masing daerah mendorong untuk wisatawan agar melakukan perjalanan atau tur ke daerah yang ada di kawasan Teluk Tomini," ia mengungkapkan.

Dengan konsep seperti itu, kata Paiman, pariwisata di kawasan Teluk Tomini akan berkembang bersama-sama.

"Kita tidak sendiri-sendiri, tapi saling membantu mengembangkan pariwisata yang ada di kawasan," ia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi, Pemkab Banggai, Doria Benda sektor pertanian juga dibawa oleh daerah tersebut pada GIM 2017.

Banggai juga kata Doria melakukan ekspor ikan hidup jenis kerapu dan ikan beku ke negara Hongkong, selain itu juga ekspor gurita ke Los Angeles, Amerika Serikat dan Thailand.

"Sektor perikanan itu juga yang kita bawa ke GIM 2017 di Kabupaten Gorontalo," ia menambahkan.

Sebanyak 17 daerah yang berada di kawasan Teluk Tomini sepakat untuk bekerja sama antar Pemerintah Daerah untuk penguatan strategi "Green Investment". 

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024