Mamuju (Antara Sulbar) - Kejuaraan Gateball yang berlangsung di Lapangan Gateball Arterial to Support Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat diikuti 20 tim yang berasal dari tiga provinsi di Pulau Sulawesi.

Wagub Sulbar Eny Anggraeni Anwar di Mamuju Senin, mengatakan kejuaraan Gateball di Mamuju, diikuti 20 tim berasal dari tiga Provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan Gateball berasal dari Hokaido Jepang sebagai salah satu olahraga yang mengutamakan ketangguhan fisik luar biasa untuk menjadi seorang pemain, gateball sering disebut olahraga tanpa batas (Barrier-free sport).

"Suatu pertandingan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan, namun ditentukan pula oleh keberuntungan, sehingga tak ada yang bisa memastikan apabila dihadapkan pada kemampuan dan peluang yang sama, itulah olahraga," katanya.

Oleh karena itu kegiatan kejuaraan Gateball tersebut juga bertujuan mensosialisasikan olahraga Gateball ke seluruh lapisan masyarakat, dan karena olahraga mempunyai sifat mempersatukan dan menjalin silaturrahmi.
Menuruut dia olahragawan dituntut untuk menang secara sportif dan kalah secara terpuji, dan seorang olahragawan disebut sebagai pahlawan, karena dapat mengharumkan nama kelompoknya.

Ketua Panitia Andi Ramlah menyampaikan Gateball adalah olahraga yang tidak melihat secara fisik, faktor usia bukan halangan untuk bermain gateball sekalipun kompetisi skala nasional, laki-laki dan perempuan bisa bermain dalam satu tim atau berlawanan.

"Dengan aturan yang sama terhadap laki-laki dan perempuan maupun pertim dan berlaku pula secara internasional, syarat dari bermain Gateball hanyalah sehat jasmani dan rohani, Gateball sekalipun skala Internasional, laki- laki dan perempuan bisa bermain satu tim maupun berlawanan dengan aturan yang sama secara internasional," kata Andi Ramlah.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024