Makassar  (Antara Sulsel) - Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago mengaku salah satu kunci timnya mampu menahan imbang PSM dengan skor 1-1 berkat terlaksananya laga uji coba pramusim di Makassar sebelum bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2017.

Pelatih Jacksen F Tiago di Makassar, Selasa, mengatakan dengan modal uji coba itu sedikit banyak sudah memahami kekuatan dan karakter permainan PSM dan selanjutnya melakukan antisipasi untuk meredamnya.

"Kita bersyukur bisa beruji coba dengan PSM di pramusim lalu sehingga sedikit banyak sudah memahami kualitas tim ini," katanya usai pertandingan.

Selain berkat modal uji coba di Makassar, keberhasilan mencuri poin di kandang PSM juga dikarenakan persiapan yang lebih matang.

Setelah dipermalukan Bali United dengan skor telak 5-0 dilaga sebelumnya, tim Barito Putera langsung bergerak dan fokus untuk menghadapi PSM.

Seluruh pemain juga sudah diajak diskusi panjang lebar untuk segera bangkit dari keterpurukan. Dan hal itu ternyata pada akhirnya mampu terwujud dengan keberhasilan menghentikan dominasi PSM ketika bermain dihadapan publik sendiri.

"PSM merupakan calon juara liga 1, kita bisa bangkit disini dan itu luar biasa. jadi kita berikan apresiasi yang luar biasa bagi perjuangan pemain,"jelasnya.

Tim pelatih juga sebelumnya mengajak pemain menyaksikan laga PSM untuk bisa mengantisipasi pergerakan setiap pemain saat bertemu.

Pelatih asal Brasil itu juga mengakui jika pihaknya memang memiliki motivasi berlibat ketika berhadapan dengan tim besar. Apalagi laga besar seperti ini bisa meningkatkan mental setiap pemain dan itu merupakan hal yang penting kedepan.

"Ini kesempatan yang luar biasa. kita berikan informasi pemain sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Dan ternyata mereka mampu melakukannya sesuai yang kita harapkan, saya apresiasi dengan penampilan pemain,"ujarnya.

Tim Barito Putra menggagalkan ambisi PSM memuncaki klasemen sementara Liga 1 usai mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa sore.

Gol kedua tim masing-masing untuk PSM Makassar dipersembahkan Ferdinand Sinaga (menit ke-31) serta gol balasan Barito Putera yang diciptakan melalui kaki David Laly ketika pertandingan berjalan menit 72.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024