Makassar (Antara Sulsel) - Wali Kota Makassar Yogyakarta Haryadi Suyudi bersama rombongannya diajak meramaikan dan berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan seni, budaya dan hiburan melalui acara "Makassar International Eight Festival and Forum (F8)".

"Pada bulan September nanti kita akan mengadakan kegiatan Makassar F8. Even bertaraf internasional yang kedua kalinya ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya dan kami harap Pak Wali Kota Yogyakarta bisa berpartisipasi," ujar Sekretaris Daerah Makassar Baso Amiruddin mewakili Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Saat kunjungan kerja itu, dirinya menjelaskan tema yang diusung dalam setiap even tersebut berbeda-beda dan telah dirancang melalui pembahasan oleh panitia pelaksana.

Pada even Makassar F8 itu antara lain tema `fine art` akan menyajikan delapan kegiatan seperti perlombaan melukis bagi pelajar sekolah menengah pertama (SMP) hingga perguruan tinggi yang dilaksanakan di awal pembukaan even tersebut.

Selain itu tema pameran melukis bersama masyarakat sepanjang 200 meter selama lima hari yang diawali dengan melukis di atas kain sepanjang 40 meter.

Kegiatan Makassar F8 ini juga mengusung tema `live painting` yang dilakukan pada 10 titik dari ujung Jalan Haji Bau sampai Makassar Golden Hotel, selain ada `body painting` dilakukan pada tiga titik anjungan Pantai Losari dengan tema "Pahlawan".

Selanjutnya direncanakan penyelenggaraan `fine art touring` di Pulau Lae-Lae dan Pulau Leang-Leang yang dimanfaatkan sebagai media promosi Makassar F8.

Baso menjelaskan masa pelaksanaan Makassar F8 tahun ini selama lima hari mulai 6-10 September 2017 atau lebih lama dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan selama tiga hari.

"Tahun ini kita gelar selama lima hari di tempat yang sama di anjungan Pantai Losari," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan kegiatan Makassar F8 ini dapat menarik kunjungan wisatawan yang lebih banyak dari tahun sebelumnya karena berdasarkan pengalaman sebelumnya jumlah pengunjung meningkat lima kali lipat dari target yang direncakanan sekitar satu juta orang.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024