Makassar (Antara Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyerahkan sebanyak 4.972 unit telepon genggam (HP) kepada seluruh ketua rukun tetangga (RT) usai dilantik dan diambil sumpahnya di Lapangan Karebosi Makassar.

"Semua smartphone yang kita bagikan kepada para Ketua RT itu untuk mempermudah pelayanannya kepada masyarakat," ujar Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, penyerahan smartphone kepada para ketua RT dan RW dilakukan secara bertahap, sedang pada seremoni pelantikan itu hanya diberikan secara simbolis kepada pewakilan Ketua RT.

Selanjutnya, penyerahan smartphone itu kemudian akan langsung disalurkan oleh para camat dan lurah di masing-masing wilayah agar tugas-tugas pelayanannya bisa berjalan maksimal.

Namun pada penyerahan smartphone itu, ia juga mengaku jika saat ini masih menyalurkan sementara untuk para ketua RT dan selanjutnya ketua RW akan menyusul.

"Penyerahannya bertahap. Kita tuntaskan dulu ketua RT dan setelah itu ketua RW-nya juga akan langsung diberikan. Semuanya pasti dapat karena anggarannya sudah disetujui dewan," katanya.

Setelah pembagian itu, para SKPD akan turun ke kelurahan untuk memantau RT/ RW. Dengan adanya smartphone masing-masing RT/ RW diharapkan dapat menindak dengan cepat keluhan masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) penasehat wali kota di bidang RT/RW akan disosialisasikan di tahun 2018 mendatang.

Pada umumnya, mereka bertugas sebatas memberikan masukan ke wali kota melalui lurah dan camat untuk pengembangan program yang termaktub dalam sembilan indikator penilaian kerja ketua RT/RW.

Diketahui, sebanyak 5.970 RT/RW terdiri dari 4.972 Ketua RT dan 998 Ketua RW akan dikukuhkan bersama 3.819 Penasehat wali kota bidang RT/ RW dan serta 153 Kepala Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024