Makassar (Antara Sulsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Sulawesi Selatan mengatakan ada tambahan tiga daerah baru pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Parepare, Sulsel, November 2017.

Sekretaris Umum Perpani Sulsel, Suherman di Makassar, Rabu, mengatakan tiga daerah pendatang baru di ajang pra-porda 2017 itu masing-masing Kabupaten Barru, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Pinrang yang nantinya akan tampil sebagai tuan rumah Porda 2018.

"Untuk pra-porda empat tahun lalu hanya diikuti 18 daerah dan tahun ini menjadi 21 daerah. Penambahan peserta tentunya akan membuat persaingan lolos ke Porda 2018 semakin ketat," ujarnya.

Ia menjelaskan, khusus kehadiran Pinrang sebagai peserta memang hanya dijadikan sebagai eksibisi. Sebab dengan statusnya sebagai penyelenggara Porda 2018, maka tentu secara otomatis memiliki tiket langsung berlaga di ajang olahraga terbesar se-Sulsel tersebut.

Sementara dua daerah lain, tentunya aka berusaha lebih keras untuk bersaing dalam perebutan tiket berlaga di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Menurut dia, kehadiran tiga daerah itu juga sudah sah karena telah resmi memiliki kepengurusan di daerah. Pembinaan atlet juga sudah dilakukan untuk bisa meraih prestasi pada ajang olahraga panahan.

"Tiga kabupaten ini sudah membetuk kepengurusan di daerah masing-masing. Kami memang terus berupaya agar olahraga ini memiliki kepengurusan disetiap daerah di Sulsel," katanya.

Bupati Pinrang, Andi Aslam Patonangi menegaskan kabupaten yang dipimpinnya sudah siap melaksanakan agenda penting Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI 2018.

Untuk mensukseskan gawean multi even empat tahunan ini, Pemkab Pinrang sengaja menyiapkan anggaran khusus untuk merampungkan pembangunan sejumlah sarana dan prasarana yang akan digunakan sebagai arena pertandingans sejumlah cabang olahraga.

"Sebagai tuan rumah, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya khususnya membangun sejumlah venue pertandingan. Untuk tahun ini merupakan tahap penyempurnaan. Awal 2018 seluruh venue telah rampung dan masuk tahap persiapan," jelas Bupati Pinrang, Aslam saat beberapa waktu lalu.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024