Luwu Timur (Antara Sulsel) - Cocoa Akademy yang merupakan program pembinaan PT Mars Symbioscience Indonesia hingga kini mengaku telah melahirkan hingga 1.500 petani kakao milenial yang punya kemampuan produksi, pemasaran, dan bisnis.

Trainer Cocoa Academy PT Mars Indonesia, Darwis Buhari di Luwu Timur, Senin, mengatakan para lulusan akademi kemudian dilepas untuk menjalankan ilmunya meski tetap dipantau sejauh mana potensinya kedepan.

"Dari 1.700 petani yang telah mengikuti pelatihan kami di Cocoa Academy, sekitar 1.500 di antaranya berhasil lulus setelah mampu menunjukkan kemampuannya soal kakao sebagai ujian lulus," katanya.

Pada sekolah kakau atau Cocoa Akademy itu, kata dia, pihaknya membagi dalam dua program pendidikan yakni training agronomi dan agrobisnis.

Untuk agronomi sendiri masih tahap pembelajaran untuk proses penanaman mulai dari pemilihan bibit, perawatan, pencegahan dari hama dan sebagainya. Adapun untk agrobisnis tentunya mengajarkan bagaimana untuk bisa menjadi seorang wirausaha yang maju dan sejahtera kedepan.

Adapun jika ingin menjadi peserta tentu harus mendapatkan ijin dari instansi atau utusan dari Cocoa Development Center (CDC) yang berada disejumlah desa atau bisa juga disebut kelompok tadi yang diakui PT Mars.

"Jadi untuk biaya pelatihan kita tidak pungut biaya. Kami juga menyediakan penginapan selama penginapan sebulan penuh namun untuk konsumsi dan transportasi tentu menjadi tanggungan dari yang mengutus," sebutnya.

Selain suami sebagia petani, pihaknya juga merangkul istri para petani untuk bisa turut berkontribusi dan mendukung kerja suainya untuk bisa menjadi petani yang sukses. Adapun peran istri lebih difokuskan sebagai seorang bendahara atau pengatur keuangan dan mencatat biaya pemasukan dan pengeluaran.

Pendamping Petani PT Mars, Amiruddin, mengatakan pihaknya memang telah memberikan dukungan kepada para petani kakao dalam pengembangan kakao yang berkesinambungan selama bertahun-tahun, termasuk investasi dana dan sumber daya.

"Kita saat ini fokus menggarap lima kabupaten dari tiga provinsi di Sulawesi. Untuk Sulsel itu terdiri dari Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur. Sedangkan Provinsi Sulawesi Tenggara (Kolaka) dan Sulawesi Tengah (daerah Kasimbar).

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024