Makassar (Antaranews Sulsel) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA mengatakan indikator kelulusan program doktor, magister, spesialis, dan profesi Unhas semakin menunjukkan peningkatan.

Prof Dwia Aries Tina mengatakan itu pada acara wisuda Periode III Tahun Akademik 2017/2018 untuk Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi di Makassar, Rabu.

"Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) untuk program doktor, magister, spesialis dan profesi adalah 3,64. Sementara IPK tertinggi mencapai 3,94. Tentu saja ini merupakan prestasi yang membanggakan," katanya.

Rektor Unhas berharap para alumni yang diwisuda pada hari itu dapat terus memberikan kontribusinya bagi bangsa dan negara, serta menjadi model karakter berintegritas di masyarakat.

"Saya tidak ingin ada alumni Unhas yang masuk tivi memakai rompi oranye. Untuk itu, harap jaga integritas di masyarakat," jelasnya

Dalam wisuda program doktor, magister, spesialis, dan profesi kali ini terdapat delapan orang wisudawan berprestasi yang salah satunya yakni Saparuddin Latu.

Wisudawan asal Papua ini adalah mahasiswa Program Doktor jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Saparuddin Latu meraih IPK 3, 94 dengan masa studi 2 tahun 3 bulan.

Saparuddin Latu usai pengukuhan mengatakan, kesuksesannya menjadi wisudawan terbaik dikarenakan beberapa hal. Pertama menyiapkan lebih awal judul yang akan diteliti sedini mungkin, dipahami serta diteliti secepatnya.

Kedua banyak membaca, berdiskusi dan bertanya agar dapat menambah wawasan kita. Ketiga usahakan banyak mengikuti pertemuan ilmiah atau seminar-seminar terkait judul. Keempat, menyiapkan penelitian lebih awal untuk terbit pada jurnal yang terakreditasi atau jurnal international sebagai syarat ujian nanti.

"Tidak kalah penting banyak komunikasi dengan promotor dan ko-promotor serta penguji untuk kesempurnaan penelitian disertasi kita," kata apoteker PNS dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya tersebut.

Pada kesempatan itu, Prof Dwia juga menyampaikan bahwa wisuda kali ini merupakan wisuda terakhir bagi tiga orang Dekan di lingkungan Unhas, yaitu Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. Dr. Andi Asadul Islam), Dekan Fakultas Teknik (Dr.-Ing. Ir. Wahyu H. Piarah, M.S.M.E.), dan Dekan Fakultas Pertanian (Prof. Dr. Ir. Sumpangan Baja, M.Sc). Ketiga dekan ini akan segera mengakhiri masa jabatannya dan berganti dengan pajabat baru dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusinya selama ini. Jika para alumni lihat, ketiga dekan inilah yang menandatangani ijazah setiap wisuda," ujarnya.

Maka pada wisuda mendatang, ijazah alumni dari ketiga fakultas tersebut akan ditandatangani oleh Dekan baru. Saya sendiri juga pada bulan April nanti akan mengakhiri masa jabatan, tetapi oleh MWA saya masih diberi amanah untuk melanjutkan ke periode kedua,"lanjut dia.

Berikut nama-nama lulusan terbaik program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi Periode III Tahun Akademik 2017/2018

Program Doktor:
Saparuddin Latu, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, IPK 3.94, masa studi 2 Tahun, 3 Bulan

Program Magister:
Nila Trisna Yulianti, Sekolah Pascasarjana, Program Studi Ilmu Kebidanan, IPK 3.92, masa studi 1 Tahun, 5 Bulan

Program Pendidikan Dokter Spesialis:
Stella Fitrianty Attu, Program Studi Spesialis Kesehatan THT, IPK 3.82, masa studi 4 Tahun, 0 Bulan

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis:Eriana Sutono, Program Studi Spesialis Konservasi Gi
gi, IPK 3.86, masa studi 2 Tahun, 6 Bulan

Program Profesi Dokter
Ahmad Aulia Rizaly, IPK 3.86, masa studi 2 Tahun, 3 Bulan

Program Profesi Dokter Gigi:
Lisa, IPK 3.83, masa studi 2 Tahun, 7 Bulan

Program Profesi Dokter Hewan:
Hasna Fauziah, IPK 3.93, masa studi 1 Tahun, 2 Bulan

Program Profesi Apoteker:
Qonita Kurnia Anjani, IPK 3.92, masa studi 1 Tahun, 0 Bulan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024