Makassar (Antaranews Sulsel) - Lomba lari jarak jauh terbesar di Indonesia Timur 42 kilo meter bertajuk Bukopin Makassar Marathon kembali digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu 15 Juli 2018.

"Ini menjadi bukti bahwa Makassar Marathon telah menjadi ajang lari yang diakui dunia. Setiap tahun ribuan pendaftar baik pelari nasional maupun internasional masuk kedalam database kami," ujar Ketua Race Organizer Bukopin Makassar Marathon 2018, Imran Djamaluddin di Makassar, Rabu.

Menurutnya, tidak jauh berbeda dari gelaran tahun sebelumnya, event tahunan kali ini bertajuk Bukopin Makassar Marathon ditargetkan peserta sebanyak 3.000 pelari ikut serta dalam mengarungi rute marathon di Makassar.

"Nama besar Makassar Marathon inilah yang menjadi pemicu kami untuk terus menghadirkan ajang marathon yang berkualitas dari Timur Indonesia," paparnya dalam temu wartawan dan komunitas pelari di cafe Baba Ong Makassar.

Titik Start dan Finish mulai di depan Menara Bosowa. Bukopin Makassar Marathon akan membuka kategori Marathon dengan jarak 42,195 kilometer untuk pertama kalinya.

Rute Marathon didesain melewati landmark Kota Makassar seperti Monumen Mandala, Pantai Losari, Benteng Somba Opu serta berbagai sudut yang menjadi ikon kota Makassar.

Kategori marathon dibagi dua yakni Open dan Nasional. Bukopin Makassar Marathon membuka kategori Half Marathon 21.1 kilogram (nasional dan master 40+), kategori 10 kilometer (nasional) dan Kategori 5 kilometer (nasional) yang dibagi kedalam kategori pelari putra dan putri.

Sejak dilaksanakan pertama kali di tahun 2014, Makassar Marathon telah menjadi agenda olahraga Nasional. Sebelumnya, event lari yang sebelumnya bernama Bosowa Half Marathon ini terdaftar secara international dalam situs https://worldsmarathons.com.

Guna menghadirkan event berkualitas, Race Organizer bekerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki perhatian didunia olahraga. Salah satunya Bank Bukopin selaku sponsor utama penyelenggaraan Makassar Marathon.

Selain itu pihak Organizer tetap bergandeng tangan dengan Pandara Sports selaku Race Management yang menangani event tahun sebelumnya. Untuk pengukuran waktu tempuh (timing system) Bukopin Makassar Marathon menggunakan teknologi RFID dari ScoreNow.

Sementara BOD Bosowa Corporindo Rachmat Kaimuddin menambahkan Bukopin Makassar Marathon 2018 diharapkan akan lebih meriah dan di ikuti elebih dari target yang diharapkan.

"Kita berharap kegiatan ini bisa lebih ramai dari sebelumnya, sebab semua daerah saat ini di Indonesia utamanya marathon sudah digemari bukan hanya atlit tapi masyarakat umum lainnya,"kata dia.

Sedangkan Direktur PT Bank Bukopin Rivan A Purwantono pada kesempatan itu mengemukakan bahwa Makassar Marathon mengikutkan nama bank Bukopin menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat kegiatan ini bersifat nasional hingga internasional.

Selain itu, bagi peserta atau nasabah bank maupun pengguna kartu kredit Bukopin yang ingin ikut ambil bagian dalam kegiatan ini akan diberikan potongan atau diskon.

"Kegiatan ini selayaknya bisa disejajarkan di daerah seperti Bali, Jakarta dan lainnya. Untuk itu, bank Bukopin memudahkan bagi peserta yang ikut ambil bagian hingga mendapat diskon untuk menyemarakan momentum marathon kali ini," ujarnya.

Bank Bukopin turut berpartisipasi aktif di event Bukopin Makassar Marathon 2018. Bank Bukopin juga menghadirkan berbagai promo menarik untuk para pelari yang akan mendaftar dan mengikuti Bukopin Makassar Marathon 2018.

Bank Bukopin mempunyai visi menjadikan Kota Makassar dengan Bukopin Makassar Marathon 2018 sebagai salah satu destinasi Tourism Sports terbaik di Indonesia, bersanding dengan Marathon di Bali, Bandung, dan Jogja.

Marathon rute 42,195 kilometer untuk Open putra dan putri, Nasional putra dan putri. Half Marathon 21,1 kilometer untuk Nasional putra dan putri, Master 40+ putra dan putri

Kategori 10 kilometer, nasional putra dan putri. Kategori 5 kilometer, untuk nasional putra dan putri. Waktu registrasi dibuka pada hari sabtu 14 April mulai pukul 10.00 WITA dan berakhir pada 1 Juli 2018 pukul 23.59 WITA atau kuota telah habis.

Biaya pendaftaran pertama dibuka 14-30 April, Marathon 42,195 Km (Open) Rp550 ribu, Marathon 42,195 Km (National), Rp450 ribu, Half Marathon 21,1 Km (National & Master 40+), Rp350 ribu, kategori 10 K (National), Rp250 ribu dan kategori 5K (National),Rp100 ribu.

Untuk periode normal 1 Mei-1 Juli 2018, Marathon 42,195 Km (Open), Rp600 ribu, Marathon 42,195 Km (National), Rp500 ribu, Half Marathon 21,1 Km (National & Master 40+) Rp400 ribu, kategori 10 K (National), Rp300 ribu dan kategori 5K (National) Rp150 ribu.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024