FT Unhas kembangkan kapal listrik nelayan

id fakultas teknik ,unhas,kapal listrik,kapal listrik nelayan,Dekan FT Unhas,r Muhammad Arsyad Asryad MT,Inovation Week

Logo Unhas (Dokumentasi)

Makassar  (Antaranews Sulsel) - Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT Unhas) sedang mengembangkan teknologi kapal listrik untuk para nelayan di Tanah Air.

Dekan FT Unhas Dr Muhammad Arsyad Asryad MT di Makassar, Rabu, mengatakan kapal listrik nelayan itu sudah ditampilkan pada ajang bertajuk "Inovation Week" beberapa waktu lalu.

"Model dan wujudnya sudah ada, dan kita tinggal berfokus untuk mengembangkan agar bisa dipergunakan secara luas kedepan," ujarnya.

Ia menjelaskan, kapal listrik penangkap ikan yang tengah dikembangkan itu berukuran panjang 6 meter dan lebar 1,5 meter. Ukuran ini dianggap sudah lumayan untuk para nelayan kecil yang banyak tersebar khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Terkait beberapa hal yang fokus dikembangkan, kata dia, diantaranya pada masalah peningkatan daya mesin, ruang pendingin kapal, bagian sayap kapal, penerangan atau pencahayaan lampu dan beberapa fokus yang lain.

"Jadi masih ada beberapa yang menjadi fokus kami dalam pengembangan kapal listrik nelayan ini. Kami berharap proses pengembangan bisa berjalan lancar kedepan," jelasnya.

Terkait kemungkinan kapal listrik karya FT Unhas ini dapat dipasarkan secara luas ke para nelayan di Indonesia, dirinya mengaku jika hal itu sudah menjadi tujuan akhir dari kerja keras yang dilakukan ini.

"Pasti muaranya kearah itu (bisnis). Untuk saat ini kita lebih fokus pengembangan,"sebutnya.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar