Kemenag Majene dorong madrasah adiwiyata 2019

id kemenag majene,sulbar,madrasah adiwiyata

Kemenag Majene dorong madrasah adiwiyata 2019

Ilustrasi : Logo Kemenag Majene, Sulbar

Mamuju, (Antarasulse) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat mendorong beberapa Madrasah di daerah itu ikut penilaian Madrasah Adiwiyata 2019.

"Mengawali tahun 2019, kami telah mengunjungi hampir semua Madrasah yang ada di lingkup Kemenag Majene, baik negeri maupun swasta untuk memonitoring jalannya proses belajar mengajar di awal semester sekaligus memberikan edukasi dan motivasi dalam upaya meningkatkan kualitas Madrasah dengan mensosialisasikan program Madrasah Adiwiyata 2019," terang Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Majene Muhammad Djufri, Kamis.

Program Adiwiyata lanjut Muhammad Djufri, dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup yang diberikan setiap tahunnya kepada lembaga pendidikan yang dinilai peduli terhadap kelestarian lingkungan. 

"Program itu bertujuan menciptakan lingkungan yang baik di sekolah atau madrasah sehingga anak didik, tenaga pendidik dan kependidikan memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap penyelamatan lingkungan sekaligus pengelolaan lingkungan yang baik sesuai dengan tata kelola sekolah/madrasah," papar Muhammad Djufri.

Ia menyatakan, untuk mewujudkan Madrasah Adiwiyata, warga Madrasah harus mempunyai kesadaran dan komitmen yang kuat untuk peduli terhadap lingkungan, senantiasa melakukan perbaikan dan mencari solusi dari setiap permasalahan lingkungan dengan melakukan berbagai inovasi untuk mewujudkan Madrasah yang berkualitas menuju Madrasah lebih baik.

Ke depan Kantor Kementerian Agama tambahnya, akan meningkatkan pembinaan sekaligus memberikan motivasi guna mendorong setiap Madrasah,baik negeri maupun swasta untuk memenuhi kriteria yang menjadi persyaratan mengikuti program sekolah/Madrasah Adiwiyata.

Persyaratan itu diantaranya pengembangan kebijakan madrasah yang peduli lingkungan, pengembangan kurikulum yang berbasis lingkungan, pengelolaan dan pengembangan prasarana pendukung sekolah serta sederetan kriteria lainnya dengan mengundang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majene berkaloborasi dengan Seksi Pendidikan Madrasah ?guna melakukan?penguatan pemahaman.

"Sehingga, roh?program Adiwiyata dapat dipahami, selanjutnya diadakan evaluasi dan menetapkan Madrasah yang layak mengikuti program Adiwiyata ini," kata Muhammad Djufri.
Pewarta :
Editor: M Darwin Fatir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar