Tim robotika UMI lolos kontes robot Kemenristekdikti

id tim robotika,umi makassar,kontes robot, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia

Tim Robototika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia Makassar (Istimewa)

Makassar (ANTARA) - Makassar (ANTARA) - Tim Robototika dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan nama Tim Antero lolos ke tahap 3 atau tahap kompetisi tingkat regional pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yang dilaksanakan Kemenristekdikti.

Tim yang mewakili Universitas Muslim Indonesia (UMI) itu terdiri atas Irwan Ardyansyah dari jurusan Teknik Infotmatika sebagai ketua tim, Muh Dhiya Ulhaq dari jurusan Teknik Informatika sebagai anggota tim, dan Lilis Nur Hayati M Kom selaku dosen pembimbing.

Saat ini Tim Robot Antero telah memasuki tahap kompetisi tingkat regional setelah melalui beberapa tahap yang terdiri dari tahap 1 seleksi proposal dan administrasi, kemudian tahap 2 seleksi monev atau monitoring perkembangan robot, dan selanjutnya tahap kompetisi di tingkat regional," kata Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Purnawangsah MKom di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, perguruan tinggi yang berada di wilayah Pulau Sulawesi akan bertanding di regional 4, lebih tepatnya di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 23-24 April 2019.

Tim yang berhasil masuk dalam 3 besar pada tiap divisi, akan melanjutkan kompetisinya di tingkat nasional, dan kemudian tim yang menjadi juara 1 pada tingkat nasional, akan menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di tingkat Internasional nantinya.

Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti merupakan event tahunan kompetisi robot yang paling bergengsi di Indoensia, yang ditujukan kepada mahasiswa dari PTN/PTS di Indonesia yang ?berada di bawah naungan Kemenristekdikti.

Dosen pembimbing Lilis Nurhayati menambahkan Kontes Robot Indonesia sendiri mempunyai peranan sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika dan pengembangan kemampuan SDM di bidang robotika di Indonesia.

Even ini sendiri, terdiri dari 6 divisi diantaranya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan divisi baru Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar