Belanda ke semifinal setelah singkirkan Italia 2-0

id timnas putri belanda,timnas putri italia,piala dunia putri

Bek tim nasional putri Belanda, Stefanie van der Gragt (atas), melompat merayakan golnya ke gawang Italia dalam laga perempat final Piala Dunia Putri 2019 di Stadion Hainaut, Valenciennes, Prancis, Sabtu (29/6/2019). (ANTARA/REUTERS/Yves Herman)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional putri Belanda lolos ke semifinal Piala Dunia Putri 2019 seusai menyingkirkan Italia 2-0 dalam laga perempat final di Stadion Hainaut, Valenciennes, Prancis, Sabtu.

Dua gol dari sundulan Vivianne Miedema dan Stephanie van der Gragt ke gawang Italia, mengantarkan Belanda untuk pertama kali ke semifinal Piala Dunia Putri, demikian catatan laman resmi FIFA.

Pada semifinal, Belanda akan menantikan pemenang laga perempat final lainnya antara Jerman dan Swedia yang baru digelar selepas pertandingan di Valenciennes.

Belanda tampil begitu dominan dengan menguasai 63 persen pengendalian bola dan sangat agresif dengan melepaskan 20 percobaan tembakan meski hanya sembilan yang tepat sasaran.

Kendati menguasai permainan sejak sepak mula, Belanda tak begitu banyak mengancam gawang Italia dalam 45 menit awal. Sebaliknya Italia justru dua kali membahayakan gawang Belanda pada babak pertama.

Pada menit ke-18, penyerang Barbara Bonansea mengangkat bola yang disambut sayap Valentina Bergamaschi dengan dadanya sebelum melepaskan tembakan yang dijinakkan kiper Sari van Veendendaal.

Pada menit ke-36, penyerang Italia Valentina Giacinti melakukan aksi menawan sebelum melepaskan tembakan yang masih melenceng tipis dari sasaran.

Belanda tampil lebih positif pada babak kedua, namun peluang Danielle van de Donk yang melepaskan tembakan melengkung yang diawali sepak pojok hanya berakhir di mistar gawang pada menit ke-58.

Miedema akhirnya membuka keunggulan Belanda pada menit ke-70 saat menyundul bola tendangan bebas kiriman Sherida Spitse yang gagal diantisipasi kiper Laura Guiliani.

Sepuluh menit berselang, Belanda menggandakan keunggulan lagi-lagi memanfaatkan bola mati, saat Sherida melepaskan tendangan bebas dan disambut Van der Gragt yang melompat paling tinggi di antara kerumunan pemain di tengah kotak penalti Italia untuk menanduknya ke dalam gawang.

Italia hampir mencetak gol balasan ketika pemain pengganti Daniela Sabatino melewati hadangan bek Belanda sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit yang sayang digagalkan Van Veenendaal pada menit ke-83.

Baca juga: Bintangi kemenangan Inggris, Lucy Bronze tuai pujian Phil Neville

Italia (4-4-2): Laura Giuliani; Alia Guagni, Sara Gama, Elena Linari, Elisa Bartoli (Lisa Boattin); Valentina Bergamaschi (Annamaria Serturini), Aurora Galli, Manuela Giugliano, Valentina Cernoia; Valentina Giacinti, Barbara Bonansea (Daniela Sabatino)
Pelatih: Milena Bertolini

Belanda (4-3-3): Sari van Veenendaal; Desiree van Lunteren, Stefanie van der Gragt (Anouk Dekker), Dominique Bloodworth, Merel van Dongen; Jackie Groenen, Sherida Spitse, Danielle van de Donk; Shanice van de Sanden (Lineth Beerensteyn), Vivianne Miedema (Jil Roord), Lieke Martens
Pelatih: Sarina Glotzbach-Wiegman
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar